WOW! Setengah Miliar Orang Jadi Miskin Akibat Pandemi Covid-19

- Senin, 13 Desember 2021 | 08:00 WIB
Ilustrasi orang miskin.  (Peduli sosial SMAN 52)
Ilustrasi orang miskin. (Peduli sosial SMAN 52)

AYOBANDUNG.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Bank Dunia mengatakan sekitar setengah miliar orang jadi miskin akibat pandemi Covid-19.

Selain berdampak pada kesehatan, pandemi juga turut memicu bencana ekonomi terburuk sejak dekade 1930-an.

Dilansir dari Republika.co.id, dua laporan WHO dan Bank Dunia diterbitkan pada momen peringatan Universal Health Coverage Day pada Minggu, 12 Desember 2021.

Baca Juga: 19 Link Download Twibbon Hari Nusantara 2021 Gratis untuk Status Whatsapp, Instagram, Twitter dan Facebook

Laporan itu menggambarkan kemampuan orang-orang mendapatkan dan membayar perawatan kesehatan.

Menurut WHO, bukti baru yang dikumpulkan Bank Dunia mengungkapkan, lebih dari setengah miliar orang di seluruh dunia jatuh ke kemiskinan ekstrem karena harus membayar biaya pelayanan kesehatan menggunakan uang mereka sendiri.

“Pandemi juga memicu krisis ekonomi terburuk sejak 1930-an, sehingga semakin sulit bagi orang-orang untuk membayar perawatan,” kata WHO, dikutip laman Anadolu Agency.

Baca Juga: Viral! ART Pulang dari Rumah Majikan Dijemput Pakai Ini: Kerja Cuma Hobi Sama Ngegosip

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, semua pemerintah harus segera melanjutkan dan mempercepat upaya untuk memastikan setiap warganya dapat mengakses layanan kesehatan tanpa takut terhadap konsekuensi finansial.

"Ini berarti memperkuat pengeluaran publik untuk kesehatan dan dukungan sosial serta meningkatkan fokus mereka pada sistem perawatan kesehatan primer yang dapat memberikan perawatan penting dekat rumah," ucapnya.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X