Perpustakaan di Pelosok Cicalengka Ini Dirintis Remaja

- Minggu, 5 Desember 2021 | 19:00 WIB
Perpustakaan Pohaci Foundation terletak di Kampung Cibiru, Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berjarak sekitar 60 KM dari Ibu Kota Kabupaten Bandung. Setiap akhir pekan ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin membaca buku koleksi perpustakaan. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Perpustakaan Pohaci Foundation terletak di Kampung Cibiru, Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berjarak sekitar 60 KM dari Ibu Kota Kabupaten Bandung. Setiap akhir pekan ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin membaca buku koleksi perpustakaan. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

CICALENGKA, AYOBANDUNG.COM -- Seorang ibu tampak memilih buku bersama putrinya yang berusia sekitar empat tahun. Satu persatu jejeran buku dalam rak bertuliskan cerita anak. Sebuah buku diambil dan dibawa ke sebuah meja untuk membacakan buku cerita kepada anaknya. Pemandangan tersebut terlihat di sebuah perpustakaan di pelosok Cicalengka yang dirintis oleh sejumlah remaja.

Di bagian luar, terdapat beberapa gazebo untuk membaca. Di salah satu gazebo terlihat seorang pedagang keliling tampak khusus membaca sebuah buku. Beberapa anak dan orang tua sibuk bermain di halaman perpustakaan.

Perpustakaan tersebut diberi nama Pohaci Foundation, terletak di Kampung Cibiru, Desa Nagrog, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berjarak sekitar 60 KM dari Ibu Kota Kabupaten Bandung. Walau demikian, setiap akhir pekan ramai dikunjungi oleh masyarakat yang ingin membaca buku koleksi perpustakaan.

Baca Juga: The Minions Gagal Juarai BWF World Tour Finals 2021

Salah satunya adalah Eva, ibu muda yang membawa anaknya merupakan salah satu warga yang rutin membawa putrinya untuk membaca di perpustakaan tersebut. Keberadaan perpustakaan tersebut membuat Eva bersama beberapa ibu muda lainnya bisa memberikan pengetahuan kepada anaknya melalui sebuah buku cerita yang dibaca.

"Buku-buku di sini boleh dibawa pulang atau dibaca di sini," ujar Muhammad Rifal Ramadan, salah seorang volunter Perpustakaan Pohaci Foundation ketika ditemui, Minggu 5 Desember 2021.

Rifal merupakan salah seorang perintis perpustakaan di pelosok Cicalengka. Setiap pekan, di sela kesibukannya bekerja, Rifal dan beberapa volunter lainnya kerap mendatangi Perpustakaan. Para volunter memang bukan berasal dari Kampung Cibiru, namun dari sejumlah desa di Kecamatan Cicalengka.

Baca Juga: 20 HP 5G murah Terbaru 2021, Cek Harga dan Spesifikasinya

Perpustakaan tersebut baru berdiri sekitar empat tahun setengah. Waktu itu, Rifal dan beberapa temannya masih berusia remaja, namun aktif di komunitas literasi.

Di usia yang masih belasan tahun, mereka telah memikirkan untuk mendirikan sebuah perpustakaan. "Awalnya teman-teman SMA lagi nongkrong, keluar ide untuk membuat perpustakaan, agar banyak orang yang gemar membaca. Ada enam orangan yang ngobrol pada waktu itu," ucapnya.

Dari ide tersebut dipilihkan sebuah kampung untuk dijadikan tempat perpustakaan. Rumah seorang yang hadir dalam obrolan tersebut. Rumahnya yang berada di Kampung Ciseupang dipilih. Namun setelah berdiskusi, mereka mengetahui jika di Kampung Cibiru terdapat sebuah tempat milik seorang pensiunan Polisi.

Mereka kemudian mendatangi pensiunan polisi bernama Imam tersebut. "Kami ngobrol, ternyata nyambbung dan berdirilah Perpustakaan Pohaci Foundation ini," katanya.

Baca Juga: 31 HP Samsung Terbaru 2021, Banyak HP Murah Spek Dewa

Nama Pohaci diambil dari mitologi Sunda yang bermakna kemakmuran. Pengetahuan dari sebuah buku yang dibaca, diyakini oleh mereka bisa memberi kemakmuran kepada masyarakat yang menjadi cita-cita mereka ketika ingin membuat perpustakaan di pelosok.

Walaupun jauh dari kediaman, mereka menjadi volunter di perpustakaan tersebut. Pada awal pendirian, buku yang dipajang berasal dari koleksi pribadi dan berkembang sampai ada beberapa pihak yang memberi sumbangan.

Sampai sekarang lebih kurang 1.000 judul buku terdapat di perpustakaan tersebut, sebagian besarnya merupakan buku anak-anak, namun ada juga yang berkaitan dengan agama, pertanian sampai resep masakan.

Pada awal pendirian, mereka bisa merekrut puluhan volunter untuk menjaga perpustakaan setiap harinya. Pelbagai kegiatan berkaitan dengan literasi dilakukan, mulai dari bedah buku, bedah film, bercerita, sampai pelatihan digelar.

"Pandemi membuat kegiatan menjadi terhambat. Beberapa pelatihan sempat dilakukan secara daring," imbuh Ihsan M Fauzi, ketua Perpustakaan Pohaci Foundation.

Baca Juga: 40 HP Murah RAM Besar Terbaru 2021, Yuk Simak Daftar Harganya

Jarangnya kegiatan yang dilakukan, menjadikan generasi volunter juga terhambat. Ditambah, volunter yang ada juga memiliki kesibukan lain, baik itu bekerja, kuliah sampai berkeluarga.

Karena masalah tersebut, membuat perpustakaan tidak bisa buka setiap hari. Solusinya mereka berkumpul saat akhir pekan, ketika para volunter libur bekerja, libur kuliah dan lainnya.

"Minat masyarakat memang lumayan tinggi. Setiap hari ada yang menghubungi kami buka atau tidak. Tapi volunternya semua sibuk kalau weekday. Sebenarnya mau juga buka tiap hari," ujarnya.

Para volunter di Perpustakaan Pohaci Foundation memang bukan berasal dari kampung tersebut, mereka harus menyisihkan waktu untuk datang dan menggunakan uang pribadi.

Baca Juga: 32 Daftar HP Oppo Terbaru 2021, Ada Oppo A95 hingga Oppo A53 Spesifikasi dan Harga Lengkap

Mereka hanya berharap pandemi segera berakhir sehingga bisa membuat pelatihan-pelatihan literasi secara luring dengan harapan tumbuh minat literasi di masyarakat.Harapan lainnya adanya regenerasi dan berminat menjadi volunter agar perpustakaan bisa buka setiap hari, tidak hanya akhir pekan.

"Memang butuh orang yang betul-betul peduli dan mau berkorban. Apalagi di sini kan bacanya gratis, namanya juga volunter, harus rela keluar uang sendiri agar perpustakaan bisa bermanfaat bagi masyarakat," tutupnya.

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Sunah Rasul Malam Jumat yang Perlu Diamalkan

Kamis, 20 Januari 2022 | 16:43 WIB

Bacaan dan Renungan Katolik Senin 17 Januari 2022

Minggu, 16 Januari 2022 | 17:51 WIB

Renungan Harian Katolik Minggu 16 Januari 2022

Sabtu, 15 Januari 2022 | 17:22 WIB

5 Cara Cepat Dapat Kerja Bagi Fresh Graduate Kuliah

Jumat, 14 Januari 2022 | 16:25 WIB

Bacaan dan Renungan Katolik Sabtu 15 Januari 2022

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:39 WIB

Bacaan dan Renungan Katolik Minggu 16 Januari 2022

Kamis, 13 Januari 2022 | 14:57 WIB

Bacaan dan Renungan Katolik Jumat 14 Januari 2022

Kamis, 13 Januari 2022 | 09:37 WIB

2 Pahala Puasa Ayyamul Bidh Menurut Hadis Rosulallah

Selasa, 11 Januari 2022 | 17:15 WIB
X