Gunung Semeru Meletus, Warga Sempat Merekam Detik-Detik Erupsi

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:29 WIB
Gunung Semeru meletus pada Sabtu (4 Desember 2021) sore ini. Warga sempat merekam detik-detik erupsi yang membuat orang-orang berlarian. ( Tangkapan layar erupsi Gunung Semeru dari video yang beredar di media sosial)
Gunung Semeru meletus pada Sabtu (4 Desember 2021) sore ini. Warga sempat merekam detik-detik erupsi yang membuat orang-orang berlarian. ( Tangkapan layar erupsi Gunung Semeru dari video yang beredar di media sosial)

LUMAJANG, AYOBANDUNG.COM — Gunung Semeru meletus pada Sabtu (4 Desember 2021) sore ini.

Asap yang menggumpal dadi erupsi gunung yang berada di sekitaran Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim) itu menghebohkan warga sekitar.

Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Budi Santosa membenarkan perihal tersebut. Berdasarkan siaran publik yang diperoleh AyoSurabaya menyebutkan, kejadian itu berlangsung pada pukul 15.30 WIB.

"Kejadian pada hari Sabtu (4 Desember 2021) sekitar pukul 15.30 WIB. Peningkatan Aktivitas Gunung Semeru (info awal), pukul 15.00 WIB, terjadi peningkatan aktivitas Gunung Berapi Semeru disertai awan panas guguran," kata Budi dalam keterangan resminya, dilansir Ayosurabaya.com.

Baca Juga: Waspada Rob dan Banjir Bebatuan di Lereng Gunung, Siaga Akhir hingga Awal Tahun

Budi menegaskan, hingga kini tidak ada korban jiwa di sekitar lokasi. Hingga kini, pihaknya bersama jajaran terkait tengah melakukan pendataan di lokasi.

Budi mengimbau, agar masyarakat sekitar segera menjauh dari lokasi sekitar erupsi. Pun dengan pengendara motor atau mobil yang hendak melintas, terutama di sekitaran sungai.

"Dihimbau menjauhi daerah sekitar sungai yang berhulu di Gunung Semeru," ujarnya.

Budi mengungkapkan, kini para personelnya tengah bersiaga dan sedang berupaya mengevakuasi warga ke lokasi yang lebih aman.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Sumber: Ayosurabaya.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Penyebab Tenaga Honorer Dihapuskan

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:51 WIB

Video Kecelakaan Maut di Balikpapan yang Viral

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:39 WIB

Kecelakaan Maut Balikpapan, 5 Tewas, 13 Luka-luka

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:24 WIB

Catat! Ini Lokasi Baru Street Race Polda Metro Jaya

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:15 WIB

Arteria Dahlan Minta Maaf

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:02 WIB
X