Tangkal Varian Omicron, Indonesia Tangguhkan Visa untuk WNA

- Selasa, 30 November 2021 | 20:28 WIB
 Pemerintah Indonesia melakukan kebijakan berupa penundaan sementara kedatangan Warga Negara Asing (WNA) untuk masuk ke Indonesia. (Freepik)
Pemerintah Indonesia melakukan kebijakan berupa penundaan sementara kedatangan Warga Negara Asing (WNA) untuk masuk ke Indonesia. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengumumkan bahwa Pemerintah Indonesia melakukan kebijakan berupa penundaan sementara kedatangan Warga Negara Asing (WNA) untuk masuk ke Indonesia.

Hal ini menyusul adanya pencegahan penyebaran varian Omicron.

Penangguhan visa bagi WNA diatur dalam SE Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, Indonesia juga menutup pintu masuk sementara ke Indonesia bagi pelaku perjalanan dari negara/wilayah dengan transmisi komunitas varian Omicron dan negara yang secara geografis berdekatan.

Adapun negara/wilayah tersebut adalah Afrika Selatan, Botswana, Lesotho, Eswatini, Mozambique, Malawi, Zambia, Zimbabwe, Angola, Namibia, dan Hong Kong.

Namun, Wiku menjelaskan Indonesia juga memberlakukan mekanisme khusus bagi WNA yang diperbolehkan masuk ke Indonesia. Mereka adalah WNA yang berasal dari negara dengan skema perjanjian bilateral (Travel Corridor Arrangement), pemegang visa diplomatic dan dinas, kunjungan setingkat menteri ke atas beserta rombongan, dan delegasi negara anggota G20.

Baca Juga: Varian Omicron Lebih Menular, Waspadai Sejumlah Hal Ini

“Pemegang KITAS/KITAP dan terakhir dengan tujuan wisata dari negara non risiko transmisi Omicron,” ujar Wiku menambahkan dalam bahan presentasi di konferensi persnya, Selasa 30 November 2021, dilansir Ayoindonesia.com.

Sebagai informasi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan adanya varian Covid-19 terbaru yang dinamakan varian B.1.1.529 atau yang disebut varian Omicron. Varian ini telah menyebabkan lonjakan kasus baru di beberapa negara.

Baca Juga: Ada Varian Omicron, Masyarakat di Indonesia Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berbagai Penyebab Tenaga Honorer Dihapuskan

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:51 WIB

Video Kecelakaan Maut di Balikpapan yang Viral

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:39 WIB

Kecelakaan Maut Balikpapan, 5 Tewas, 13 Luka-luka

Jumat, 21 Januari 2022 | 11:24 WIB

Catat! Ini Lokasi Baru Street Race Polda Metro Jaya

Jumat, 21 Januari 2022 | 10:15 WIB

Arteria Dahlan Minta Maaf

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:02 WIB
X