Benarkah Seragam Korpri Terbaru Berbentuk Gamis? Ini Fakta Sesungguhnya

- Sabtu, 27 November 2021 | 14:00 WIB
seragam korpri terbaru berbentuk gamis? (Facebook)
seragam korpri terbaru berbentuk gamis? (Facebook)
 

Simak info terkait seragam korpri terbaru berbentuk gamis berdasarkan serangkaian fakta-faktanya pada artikel ini.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seragam Korpri 2021 masih identik dengan corak batik Nusantara dengan warna biru disertai logo Korpri pada desainnya.
 
Terdapat isu bahwa model seragam korpri untuk pria kini berbentuk gamis menjuntai sampai bagian paha kaum Adam.
 
 
 
Akun Facebook bernama KP Norman Hadinegoro mengunggah seragam korpri pria berbentuk gamis. Dalam keterangannya, dia menulis:
 
“Model baru ni ye….? Yg melihat pasti tertawa cara perpakaiannya, bukan di lihat rapi tapi jawab sendiri ya….takut Dosa.”
 
Berdasarkan hasil penelusuran tim cek fakta Ayobandung.com, unggahan tersebut adalah salah alias hoaks. Foto itu merupakan hasil suntingan atau dimanipulasi.
 
Seragam Korpri lengkap terutama untuk pria masih berbentuk kemeja lengan panjang dengan motif batik.
 
Ketentuan mengenai model seragam Korpri diatur dalam Permendagri nomor 11 tahun 2020 Tentang Pakaian Dinas Aparatur Sipil Negara di Lingkup Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.
 
Seragam Korpri bagi PNS berlengan panjang. Kemudian, panjang baju sampai di bawah pinggang dipadukan dengan celana atau rok biru tua dan sepatu pantofel warna hitam bertali.
 
Seragam batik berwarna biru ini wajib dikenakan dalam kegiatan tertentu, seperti Upacara hari ulang tahun Korps Pegawai Republik Indonesia, tanggal 17 setiap bulannya, upacara hari besar Nasional, rapat-rapat dan pertemuan-pertemuan yang diadakan oleh Korpri.
 
Perlu diketahui, Ketua Korpri Nasional Masa Bakti 2020 - 2025 adalah Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH.
 
Melansir dari korpri.go.id, terdapat tugas pokok dan fungsi utama Korpri, antara lain:
 
 
Tugas Pokok Korpri
 
  1. Menyukseskan pelaksanaan program Pemerintah sesuai dengan ketentuan di dalam Undang-Undang Dasar 1945 dan Garis-Garis Besar Haluan Negara;
  2. Membina korps, baik terhadap anggotanya maupun terhadap keseluruhan korps, dengan memanfaatkan hubungan fungsional yang telah ada sehingga terwujud kesatuan landasan berfikir, ucapan, dan tindakan;
  3. Membina dan memelihara mutu serta kesejahteraan rohani dan jasmani para anggota sehingga  menjadi pegawai Republik Indonesia yang bermoral tinggi, berwibawa, berkemampuan baik, berdaya guna, dan berhasil guna.

Fungsi Utama Korpri

  1. Pendorong dan pemrakarsa pembaharuan dengan menyelenggarakan usaha dan kegiatan yang konstruktif sebagai warga negara dan pejuang bangsa yang baik serta menjadi pelopor usaha kemajuan, sehingga dapat menjadi teladan bagi masyarakat;
  2. Pendorong peningkatan pelaksanaan fungsi layanan masyarakat dengan menyelenggarakan usaha dan kegiatan untuk meningkatkan kesadaran, ketulusan, kedisiplinan, dan kemampuan para anggota;
  3. Pemberi saran dan pertimbangan kepada pemerintah tentang segala sesuatu yang bersangkutan dengan tujuan serta tugas pokok Korpri; penampung pengolah, dan penyalur keinginan serta pengayom bagi para anggota menurut kebijakan pemerintah serta peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  4. Penyelenggara kegiatan untuk meningkatkan dan memelihara kesejahteraan anggota beserta keluarganya, baik material maupun spiritual.

Demikian informasi seputar seragam Korpri lengkap yang diisukan berbentuk gamis beserta fakta fakta di dalamnya. Semoga bermanfaat.

 

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Selidiki Aktor Bentrokan Double O Sorong

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:54 WIB

19 Orang Meninggal dalam Bentrok di Double O Sorong

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:53 WIB

Sekolah Induk Jadi Prioritas di PPPK Tahap 3?

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:00 WIB

Prakerja Gelombang 23 Segera Dibuka, Cepat Buat Akun!

Senin, 24 Januari 2022 | 17:33 WIB
X