Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

- Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB
Toilet SPBU gratis. Ilustrasi (dok. Ayobandung.com)
Toilet SPBU gratis. Ilustrasi (dok. Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- toilet SPBU gratis sesuai arahan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam Surat Edaran SE-16/MBUT11/2021 tentang Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial BUMN.

Melalui SE yang dikeluarkan pada 24 November 2021, Erick meminta fasilitas umum dan fasilitas sosial milik BUMN tidak membebani masyarakat yang menggunakannya dan tidak diperbolehkan memungut biaya dari masyarakat.

"Dalam memberikan pelayanan yang di dalamnya terdapat fasilitas umum dan fasilitas sosial, BUMN agar meningkatkan mutu pelayanan salah satunya melalui perawatan, pemeliharaan dan pengelolaan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai agar memberikan dampak yang optimal bagi masyarakat yang menggunakannya," ujar kata Thohir dalam surat edaran tersebut, dikutip Republika.

Baca Juga: Terlibat Bisnis PCR, Erick Thohir dan Luhut Dilaporkan ke KPK

Erick menyebut surat edaran yang ditujukan kepada seluruh dewan direksi dan komisaris BUMN tersebut menjadi pedoman bagi BUMN dalam meningkatkan mutu pelayanan fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Erick juga meminta penyediaan fasilitas umum dan fasilitas sosial yang memadai dan terawat dengan baik agar menjadi bagian dari standar kualitas layanan yang dilakukan BUMN.

"Dewan komisaris dan dewan pengawas BUMN diminta untuk mengawasi pelaksanaan surat edaran ini," jelas Erick.

Sebelumnya, Erick meminta PT Pertamina (Persero) menyediakan toilet SPBU gratis. Hal ini Erick sampaikan saat berada di SPBU Pertamina di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Erick sempat berbincang dengan seorang penjaga toilet di SPBU tersebut. Erick mempertanyakan adanya pungutan biaya bagi pengunjung yang ingin menggunakan toilet dengan tarif sebesar Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polisi Selidiki Aktor Bentrokan Double O Sorong

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:54 WIB

19 Orang Meninggal dalam Bentrok di Double O Sorong

Selasa, 25 Januari 2022 | 16:53 WIB

Sekolah Induk Jadi Prioritas di PPPK Tahap 3?

Selasa, 25 Januari 2022 | 11:00 WIB

Prakerja Gelombang 23 Segera Dibuka, Cepat Buat Akun!

Senin, 24 Januari 2022 | 17:33 WIB
X