Aplikasi Parenting, Awasi Anak saat Gunakan Gadget

- Kamis, 25 November 2021 | 16:59 WIB
Aplikasi Parenting, Awasi Anak Saat Gunakan Gadget. (Shutterstock)
Aplikasi Parenting, Awasi Anak Saat Gunakan Gadget. (Shutterstock)
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Di zaman sekarang ketergantungan gadget tidak terjadi pada orang dewasa saja, namun juga berlaku bagi anak-anak. Salah satunya, gadget di manfaatkan untuk kegiatan belajar bagi anak. Berbagai media pembelajaran sekarang dengan mudah di dapat dengan memanfaatkan gadget.
 
Namun, bagi para orang tua perlu memperhatikan bahwa anak-anak terkadang sulit untuk mengontrol dirinya sendiri dalam memanfaatkan gadget. Terlebih daya tarik pada gadget dapat menyebabkan kecanduan gadget berat.
 
Beberapa aplikasi parenting kemudian banyak dibuat untuk mencegah kecanduan gadget pada anak dengan memberikan pengawasan dalam menggunakan gadget. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi parenting dapat dipakai orang tua dalam mengawasi anak saat bermain gadget.
 
 
1. Google Family Link
 
Google Family Link merupakan salah satu aplikasi khusus yang sangat berguna bagi orangtua dalam mengawasi anak saat bermain gadget. Pengunduhan aplikasi ini sudah mencapai lebih dari 5 juta pengunduhan. 
 
Orangtua dapat dengan mudah mengakses aktivitas Google yang digunakan anak saat mencoba menggunakan aplikasi seperti Play Store, Google Search, dan Google Chrome. Aplikasi ini juga dapat digunakan dalam melacak lokasi perangkat yang digunakan.
 
Beberapa anak bahkan memberikan komentar berisi protes, akibat dari orangtua mereka yang mengunduh Google Family Link. Mereka protes karena aplikasi ini bisa sangat membatasi mereka untuk bermain-main dengan gadget mereka. 
 
2. Kids Place Parental Controls
 
Dengan jumlah pengunduhan yang sama banyaknya dengan Google Family Link yaitu lebih dari 5 juta pengunduh, Kids Place Parental Controls memberikan banyak pilihan opsi untuk orangtua dalam mengawasi gadget pada anak. Orangtua dapat mengatur apa saja aplikasi yang dapat di akses sang anak.
 
Kids Place Parental Controls dapat memblokir aplikasi yang dilarang untuk sang anak. Akses keluar masuk aplikasi pun harus melalui password yang sudah di atur oleh orangtua sehingga sang anak tetap terpantau dalam menggunakan setiap aplikasi yang ada di gadget.
 
 
Waktu mereka bermain gadget pun dapat dengan mudah di atur sesuai keinginan orangtua. Hari apa saja anak boleh bermain gadget dan berapa jam dalam sehari anak boleh bermain gadget dapat di atur dengan mudah oleh aplikasi ini.
 
3. Kaspersky SafeKids
 
Banyak sekali konten-konten beragam dengan berbagai batas usia. Namun, penasaran sang anak dapat membuat mereka menjelajahi berbagai konten yang ada, tanpa melihat batas usia yang diperbolehkan menonton konten tersebut. Kaspersky SafeKids ini dapat memberikan pencegahan saat anak mencoba menjelajahi konten yang berbahaya.
 
Orangtua dapat memantau aktivitas gadget anak dengan fitur yang dapat  memblokir konten-konten yang tidak pantas untuk sang anak. Aplikasi ini juga dapat mengatur batas waktu layar untuk sang anak dan dapat melacak keberadaan lokasi anak dengan GPS.
 
 
4. MMGuardian Parental Control
 
Banyak kasus bunuh diri akibat Cyber bullying yang terjadi pada dunia maya. Hal ini tentu membuat banyak orangtua khawatir anak mereka akan mengalami hal tersebut saat menggunakan gadget. MMGuardian Parental Control merupakan aplikasi yang dapat melacak pesan dan media sosial sang anak. 
 
MMGuardian Parental Control akan mencoba menganalisis pesan yang keluar masuk dari gadget anak. Orangtua dapat mengetahui apakah selama ini sang anak memiliki komunikasi yang baik atau tidak dengan lingkungan sekitarnya. 
 
Pemblokiran panggilan telepon dan SMS dapat ditentukan oleh orangtua menggunakan aplikasi ini. Batas waktu pemakaian gadget juga dapat di atur secukupnya untuk sang anak. Tak lupa aplikasi ini menyediakan fitur lacak lokasi pada gadget anak.
 
5. Kids Zone
 
Beberapa kasus anak yang membeli sebuah aplikasi online tanpa sepengetahuan orangtua menjadi salah satu masalah serius bagi para orangtua. Karena jika perilaku anak seperti ini telat diketahui, bisa saja orangtua memiliki beban dengan banyak tagihan yang sudah tercantum di struk pembayaran.
 
 
Aplikasi ini dapat mencegah hal tersebut terjadi dengan memblokir pembelian yang dilakukan anak tanpa sepengetahuan orangtua menggunakan fitur control orangtua. Selain dapat memblokir pembelian, Kids Zone dapat memblokir panggilan telepon dan pesan,  dan membatasi anak-anak saat bermain sosmed.
 
Itulah aplikasi parenting, untuk awasi anak saat gunakan gadget. Pencegahan orangtua agar anak tidak kecanduan gadget! (Sherine Angelica)

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aplikasi Parenting, Awasi Anak saat Gunakan Gadget

Kamis, 25 November 2021 | 16:59 WIB

Hukum Berbohong kepada Istri, Simak Penjelasannya!

Jumat, 19 November 2021 | 20:18 WIB

Peringati Maulid Nabi, DKM Ikomah Gelar Lomba Kultum

Minggu, 31 Oktober 2021 | 12:21 WIB
X