Ribuan Data Personel Polri Bocor, Hacker Bagikan Link Daftar Pelanggaran Anggota Polri

- Kamis, 18 November 2021 | 13:44 WIB
Ilustrasi -- Data personel Polri bocor. Bukan hanya ribuan data pribadi, link daftar pelanggaran anggota Polri juga ikut bocor. (Pixabay/Gerd Altmann)
Ilustrasi -- Data personel Polri bocor. Bukan hanya ribuan data pribadi, link daftar pelanggaran anggota Polri juga ikut bocor. (Pixabay/Gerd Altmann)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Peretas asal Brasil mengklaim telah membobol data personel Polri. Bukan hanya ribuan data pribadi bahkan diduga daftar pelanggaran anggota Polri juga ikut bocor.

Peretas tersebut menunjukkan tindakannya melalui akun Twitter @son1x777. Sebelumnya ia juga melakukan serangan deface ke situs resmi milik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Pakar keamanan siber Pratama Persadha mengatakaan bahwa pelaku mengunggah soal kebocoran tersebut melalui akun Twitternya pada Rabu (17/11/2021) kemarin.

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK 2021 dan Fitur Lengkapnya, Bisa Kirim Pesan Terjadwal

Dalam unggahannya itu, peretas data personel Polri memberikan link daftar pelanggaran anggota Polri yang bisa diunduh berisikan sampel hasil peretasan yakni databese personel Polri.

"Dua database yang diberikan mempunyai ukuran dan isi yang sama, yakni 10.27 MB dengan nama file pertama polrileak.txt dan yang kedua polri.sql. Dari file tersebut berisi banyak informasi penting dari data pribadi personil kepolisian, misalkan nama, NRP, pangkat, tempat dan tanggal lahir, satker, jabatan, alamat, agama, golongan darah, suku, email, bahkan nomor telepon," kata Pratama dalam keterangan tertulisnya dinukil Suara.com, Kamis (18/11/2021).

Pratama juga melihat terdapat kolom data rehab putusan, rehab putusan sidang, jenis pelanggaran, rehab keterangan, id propam, hukuman selesai, tanggal binlu selesai.

"Kemungkinan data yang bocor ini merupakan data dari pelanggaran yang dilakukan oleh personil Polri," ujarnya.

Baca Juga: 32 Daftar HP Oppo Terbaru 2021, Ada Oppo A95 hingga Oppo A53 Spesifikasi dan Harga Lengkap

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Film Pengabdi Setan Apakah Kisah Nyata atau Bukan?

Jumat, 27 Januari 2023 | 11:29 WIB
X