Waspada, Curah Hujan di Jabar Diprediksi 40 Persen Lebih Tinggi

- Kamis, 11 November 2021 | 19:56 WIB
Ilustrasi hujan; Curah hujan di Jabar kali ini akan lebih tinggi dibandingkan musim hujan sebelumnya. Peningkatan curah hujan akan terjadi sebesar 40 persen. (Fuad Mutashim)
Ilustrasi hujan; Curah hujan di Jabar kali ini akan lebih tinggi dibandingkan musim hujan sebelumnya. Peningkatan curah hujan akan terjadi sebesar 40 persen. (Fuad Mutashim)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebagian wilayah Jawa Barat (Jabar) sudah memasuki musim hujan sejak November 2021. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan Jabar kali ini akan lebih tinggi dibandingkan musim hujan sebelumnya.

Kepala Stasiun Klimatologi Bogor, Indra Gustari mengatakan, musim hujan kali ini akan disertai fenomena cuaca La Nina. Artinya, curah hujan Jabar diperkirakan akan semakin tinggi dibanding musim hujan sebelumnya.

"Fenomena La Nina ini tidak setiap tahun ada. Jadi akan ada peningkatan curah hujan dibanding musim hujan biasanya," kata dia dinukil Republika.co.id, Kamis (11/11/2021).

Baca Juga: Daftar 27 HP Samsung Terbaru November 2021 Harga Mulai Rp 1 Jutaan, Lengkap dengan Spesifikasinya

Menurut dia, peningkatan curah hujan akan terjadi sebesar 40 persen dibanding musim hujan biasanya. Karena itu, pemerintah daerah harus mengantisipasi kemungkinan timbulnya bencana hidrometeorologi.

Ia menjelaskan, peningkatan curah hujan pasti akan berdampak kepada masyarakat apabila pemerintah daerah tidak melakukan persiapan dengan baik. Ia mencontohkan, curah hujan yang tinggi akan menimbulkan genangan ketika sistem drainase di wilayah itu tidak siap menampung air hujan.

"Karena drainase biasanya menampung air hujan dengan curah hujan normal. Ketika ada curah hujan tinggi, drainase yang ada tak akan mencukupi," ujar dia.

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK 2021 Terbaru Gratis November, Bisa Kirim Pesan Terjadwal

Menurut dia, hal itu yang perlu diantisipasi oleh pemegang kebijakan di level daerah. Sebab, curah hujan yang tinggi berpotensi berdampak bencana. Dengan diberikannya informasi mengenai prediksi musim hujan, diharapkan pemerintah daerah bisa bersiap untuk mengantisipasi dampak yang akan terjadi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Jemaah Haji Asal Jabar Meninggal Dunia

Kamis, 30 Juni 2022 | 13:59 WIB
X