Penemuan Janin Bandung Diduga Aborsi Ilegal, Bagaimana Pandangan Islam?

- Kamis, 11 November 2021 | 15:33 WIB
Tempat ditemukannya janin bayi di gorong-gorong di Gedebage, Kota Bandung, Rabu, 11 November 2021. (dok. Polres Cinambo)
Tempat ditemukannya janin bayi di gorong-gorong di Gedebage, Kota Bandung, Rabu, 11 November 2021. (dok. Polres Cinambo)

AYOBANDUNG.COM - Baru-baru ini sesosok janin bayi ditemukan di saluran gorong-gorong di perempatan Jalan Gedebage, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung, Rabu, 10 November 2021. 

Janin tersebut ditemukan tak bernyawa oleh petugas kebersihan saat sedang membersihkan gorong-gorong

Pelaku diduga telah melakukan aborsi ilegal dan sengaja membuang janinnya itu di gorong-gorong Gedebage.

Baca Juga: Penemuan Janin Bandung, Apa Hukum Menggugurkan Kandungan dalam Islam? Pola Hidup Berpengaruh

Menurut undang-undang yang berlaku, orang yang sengaja melakukan aborsi tidak sesuai ketentuan UU Nomor 36 Tahun 2009 pasal 75 tentang kesehatan, akan terancam penjara maksimal 10 tahun. Sehingga perilaku aborsi ilegal dalam ketentuan hukum negara merupakan tindakan yang melanggar. Lantas, bagaimana pandangan Islam terkait aborsi?

Dikutip dari Republika.co.id, dalam teks-teks Alquran dan Hadist tidak didapati secara khusus hukum aborsi, tetapi yang ada adalah larangan untuk membunuh jiwa seseorang bahkan anak tanpa hak, sebagaimana firman Allah swt :

وَمَن يَقْتُلْ مُؤْمِنًا مُّتَعَمِّدًا فَجَزَآؤُهُۥ جَهَنَّمُ خَٰلِدًا فِيهَا وَغَضِبَ ٱللَّهُ عَلَيْهِ وَلَعَنَهُۥ وَأَعَدَّ لَهُۥ عَذَابًا عَظِيمًا

Artinya : “Dan barang siapa yang membunuh seorang mukmin dengan sengaja, maka balasannya adalah neraka Jahanam, dan dia kekal di dalamnya dan Allah murka kepadanya dan melaknatnya serta menyediakan baginya adzab yang besar." ( Qs An-Nisa‟ : 93).

Baca Juga: Hukum Menggugurkan Kandungan dalam Islam, Begini Pendapat Ulama

Allah juga berfirman dalam Surat Al-Isra ayat 31:

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puasa Wajib Pertama Kali Diperintahkan Kapan?

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:49 WIB
X