Harga Minyak Goreng Terus Naik, Begini Siasat Cerdik Pedagang Gorengan di Cianjur

- Minggu, 7 November 2021 | 17:20 WIB
[Ilustrasi minyak curah] Sejumlah pedagang gorengan di Kabupaten Cianjur mempunyai jurus jitu menyiasati kenaikan harga minyak goreng di pasaran. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
[Ilustrasi minyak curah] Sejumlah pedagang gorengan di Kabupaten Cianjur mempunyai jurus jitu menyiasati kenaikan harga minyak goreng di pasaran. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Sejumlah pedagang gorengan di Kabupaten Cianjur mempunyai jurus jitu menyiasati kenaikan harga minyak goreng di pasaran.

Walau harga minyak goreng naik, tetapi kondisi itu tidak menyurutkan pembeli gorengan. Bagaimana cara para pedagang mencari akal?

Marleti (48) pedagang gorengan di Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Cianjur, mengatakan, kenaikan harga minyak goreng membuatnya harus memutar otak agar tidak mengalami penurunan pembeli.

“Jujur saja kita kebingungan, kalau ukuran gorengannya diperkecil, pasti diprotes, apalagi dinaikkan harganya, tidak akan ada yang beli,” tutur Marleti pada Ayobandung.com, Minggu, 7 November 2021.

Menghindari mengurangi ukuran bentuk gorengan dan menaikan harga, Marleti pun menyiasati dengan bebagai cara cerdik agar tidak ada penurunan pembeli yang drastis.

Misalkan, untuk gorengan bala-bala, biasanya mengurangi campuran kol dan wortel. Satu baskom dua kepala kol dan tiga kilo wortel, dikurangi masing-masing satu kilo.

Keroket yang isiannya bihun dan wortel, jumlahnya dikurangi saja. Namun, satu hal yang harus dihindari adalah tidak mengurangi rasa.

“Kalau saya sih begitu cara mensiasatinya, yang penting tidak mengurangi rasa, ukuran, dan menaikan harga,” tuturnya.

Berbeda lagi dengan siasat yang dilakukan Yudi (41) pedagang gorengan di kawasan Jalan Raya Mangunsarkoro. Kualitas gorengan, baik itu ukuran, isian, hingga harga, tidak diubah olehnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RZ-Warbaks Tantang Kaum Muda Jadi Pengusaha Berdaya

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:17 WIB

Ini Identitas Mayat yang Ditemukan Gosong di Cianjur

Minggu, 23 Januari 2022 | 18:15 WIB

Omicron Jabar Capai 33 Kasus, Terbanyak di Daerah Ini

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:15 WIB

Pemkab Cianjur Darurat Kepala Sekolah Dasar

Jumat, 21 Januari 2022 | 21:23 WIB
X