Kementan Ekspor Perdana Kripik Kentang ke Amerika dan Cina

- Rabu, 3 November 2021 | 16:59 WIB
Untuk mengurangi produk impor, saat ini Kementan tengah melakukan pengembangan kentang industri untuk negeri. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Untuk mengurangi produk impor, saat ini Kementan tengah melakukan pengembangan kentang industri untuk negeri. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Pertanian (Kementan) terus berkomitmen memperkuat ketahanan pangan dalam negeri dengan mengurangi ketergantungan produk impor salah satunya, kentang.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan modal Indonesia untuk mengembangkan kentang cukup besar, baik dari sumber daya alam maupun petani. Sebagai komitmen mengurangi produk impor, saat ini Kementan tengah melakukan pengembangan kentang industri untuk negeri.

Ia menjelaskan, produk kripik kentang yang beredar di pasaran mayoritas impor. Selain kentang, komoditi lain seperti susu dan tahu bahan bakunya juga masih impor.

 Baca Juga: Bocoran Spesifikasi Oppo A95 4G, Berapa Harga HP Oppo Terbaru Ini?

"Petani kita banyak, tanah kita subur mulai dari pegunungan hingga dataran rendah. Ini saatnya kita gak impor. Acara ini bukan seremonial atau politik-politikan. Mulai hari kita komitmen untuk melangkah maju memperkuat ketahanan pangan," kata Syahrul dalam sambutan acara Gelar Teknologi Kentang Industri di Lembang, Rabu 3 November 2021.

Dalam kegiatan itu Kementerian melalui Balai Penelitian Tanaman Sayuran (BALITSA) merilis varietas unggul baru kentang industri hasil penelitian. Beberapa varietas tersebut yaitu Medians, Golden Agrihorti dan Ventury Agrihorti.

Baca Juga: 30 Daftar Harga HP Murah RAM Besar Mulai 1 Jutaan Terbaru 2021, Terjangkau tapi Spek Dewa!

Salah varietas yang dikembangkan BALITSA itu bahkan telah diekspor dalam bentuk kripik kentang ke Amerika dan China dengan nilai ekspor Rp2,8 Miliar. Meski masih skala kecil, ekspor produk tersebut diharap jadi pemicu awal untuk bisa diterima di pasar internasional.

"Hari ini kita melakukan ekspor kentang ke Cina dan Amerika. Kentang yang sudah diindustrikan. Ini untuk pertama kali, selama ini kita makan kripik dan lain-lain itu lebih banyak import," jelasnya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BSU 2022 Kapan Cair? Cek Segera dengan Cara Ini

Senin, 23 Mei 2022 | 15:14 WIB

Kamis 26 Mei 2022 Libur Apa dan Hari Raya Apa?

Senin, 23 Mei 2022 | 08:30 WIB
X