Kabar Baik! Tes PCR Kini Tak Wajib Bagi Penumpang Pesawat Jawa-Bali

- Senin, 1 November 2021 | 14:03 WIB
ilustrasi PCR; Hasil negatif tes PCR kini tak wajib bagi penumpang pesawat Jawa Bali.  (Ayobandung.com/Kavin Faza)
ilustrasi PCR; Hasil negatif tes PCR kini tak wajib bagi penumpang pesawat Jawa Bali. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

hasil negatif tes PCR kini tak wajib bagi penumpang pesawat Jawa-Bali. Para pelaku perjalanan menggunakan transportasi pesawat di Jawa-Bali cukup menggunakan tes antigen Covid-19.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan, pemerintah kembali mengubah aturan perjalanan bagi penumpang moda transportasi udara di wilayah Jawa-Bali.

Kabar baiknya, pemerintah menarik kebijakan yang sebelumnya terkait hasil negatif tes PCR bagi penumpang pesawat Jawa-Bali.

Muhadjir menyampaikan, para pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi pesawat di Jawa-Bali kini cukup menggunakan tes antigen. Alhasil aturan wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR bagi penumpang pesawat Jawa-Bali ditiadakan.

Baca Juga: 24 Daftar HP Samsung Terbaru 2021 Murah Mulai 1 Jutaan, Cek Spesifikasi dan Harga!

“Untuk perjalanan akan ada perubahan yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali, perjalanan udara tidak lagi mengharuskan, menggunakan tes PCR tetapi cukup menggunakan tes antigen. Sama dengan yang diberlakukan untuk wilayah luar Jawa non-Bali, sesuai dengan usulan dari Bapak Mendagri,” ujar Muhadjir, Senin (1/11/2021).

Sebelumnya, pemerintah mewajibkan hasil negatif tes PCR bagi penumpang pesawat di seluruh daerah baik di Jawa Bali dan luar Jawa-Bali. Namun, pemerintah merevisi aturan tersebut dan mengizinkan penumpang pesawat di seluruh daerah baik di Jawa Bali dan luar Jawa Bali menggunakan tes antigen Covid-19

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 22 Diumumkan Senin Siang? Ini Jadwal Pengumuman Gelombang Sebelumnya

Tak tanggung-tanggung, pemerintah sempat berencana secara bertahap menggunakan hasil negatif tes PCR di semua moda transportasi. Namun, regulasi terkait kewajiban menggunakan hasil negatif tes PCR di moda transportasi udara menuai banyak kritikan dari masyarakat lantaran dinilai memberatkan bagi para penumpang.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X