Mentan Minta Ketangguhan Sistem Pangan Diperkuat

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:03 WIB
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi seluruh aspek kehidupan, termasuk pada pencapaian Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Tujuan 2 “Tanpa Kelaparan”, khususnya dalam memastikan pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi yang memadai bagi seluruh masyarakat di kawasan Asean.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menekankan urgensi penguatan ketangguhan sistem pangan kawasan, terhadap berbagai guncangan harus disikapi secara serius.

“Saya mendorong negara Asean dan Plus Tiga untuk meningkatkan kerja sama regional dalam membangun resiliensi sistem pangan dan pertanian berkelanjutan melalui penerapan teknologi digital pertanian, solusi berbasis alam, dan energi biomass,” kata Syahrul dalam pertemuan AMAF Plus Tiga ke-21 yang di selenggarakan secara virtual Rabu 27 Oktober 2021.

Baca Juga: Cara Mentautkan Link di Instagram Stories, Sudah Bisa Digunakan Tanpa Harus Centang Biru dan Banyak Followers

Selanjutnya Syahrul mengatakan pihaknya meyakini hal tersebut dapat dicapai melalui optimalisasi pemanfaatan berbagai forum dan mekanisme di bawah kerangka kerja sama AMAF Plus Tiga. Dirinya mengingatkan pentingnya optimalisasi Cadangan Beras Darurat Asean bersama Tiga Negara Mitra Asean (APTERR) dalam mengantisipasi kerawanan pangan.

Langkah ini diharapkan mampu meningkatkan peran APTERR dalam mendukung lebih besar lagi penanganan kejadian darurat pangan di kawasan Asean yang diakibatkan bencana alam, pandemi, atau krisis ekonomi untuk memperkokoh resiliensi sistem pangan kawasan Asean.

“Mungkin tidak kita gunakan sekarang, tetapi suatu saat bila ada hal diluar dugaan kita, seperti anomali cuaca, covid, climate change, maka tentu saja ini cadangan beras darurat akan kita butuhkan, saya ingatkan ini lagi,” ucap Mentan.

Baca Juga: Salim Said Ungkap Alasan Indonesia Tidak Maju Seperti Negara Korea Selatan

Mentan menambahkan kemitraan Asean dengan mitra Plus Tiga (China, Jepang dan Korea) di sektor pangan, pertanian, dan kehutanan telah terjalin dengan baik selama 21 tahun. Kerja sama ini dibangun dengan semangat untuk memperkuat dialog kebijakan, koordinasi dan penanganan isu-isu pangan, pertanian, dan kehutanan.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tes PPPK Guru Tahap 2 Diundur?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:24 WIB
X