1 Juta Vaksin Kembali Didatangkan, Indonesia Kejar Target Vaksinasi

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:45 WIB
[Ilustrasi] Indonesia kembali kedatangan vaksin tahap ke-100 berupa 1 juta dosis Vaksin Sinovac hibah dari Cina, Selasa (26/10/2021). (KPCPEN )
[Ilustrasi] Indonesia kembali kedatangan vaksin tahap ke-100 berupa 1 juta dosis Vaksin Sinovac hibah dari Cina, Selasa (26/10/2021). (KPCPEN )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Indonesia kembali kedatangan vaksin tahap ke-100 berupa 1 juta dosis Vaksin Sinovac hibah dari Cina, Selasa (26/10/2021).

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong menyampaikan kedatangan vaksin tersebut menunjukkan komitmen pemerintah untuk menjamin ketersediaan vaksin bagi masyarakat.

Indonesia saat ini adalah salah satu negara dengan capaian vaksinasi tertinggi di dunia, berkat dukungan banyak pihak, termasuk bantuan vaksin dari sejumlah negara,” ungkap Usman, Selasa (26/10/2021).

Baca Juga: 21 Daftar HP murah memori internal 128 GB terbaik dan terbaru 2021

Namun, menurutnya, masih dibutuhkan upaya keras dan peran serta masyarakat guna mencapai target vaksinasi 208 juta rakyat yang tervaksinasi, sehingga herd immunity atau kekebalan komunal dapat terbangun.

“Bersamaan dengan itu, disiplin protokol kesehatan perlu tetap dijaga dan ditingkatkan agar tingkat penularan Covid-19 tidak kembali melonjak. Jangan sampai terlena dengan adanya penurunan kasus belakangan ini dan dengan banyaknya penduduk yang sudah divaksinasi,” tuturnya.

Usman megaskan, Covid-19 masih menghantui dunia termasuk Indonesia. Bila tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan turun, dapat mengundang kembali terjadinya lonjakan kasus.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harmadi mengatakan, perlunya mencermati penurunan tingkat kepatuhan jaga prokes masyarakat di sejumlah daerah, sesuai data monitoring perubahan perilaku Satgas Covid-19.

“Jangan sampai penurunan ini menjadi celah munculnya gelombang ketiga dan masuknya varian baru,” ujar Sonny.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tes PPPK Guru Tahap 2 Diundur?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:24 WIB
X