Vaksin Dosis Ketiga untuk Masyarakat Disiapkan, Ini Bocoran Waktu dan Kriterianya

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:02 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin; Wacana vaksin ketiga atau booster Covid-19 untuk masyarakat menyeruak. Pemerintah telah membocorkan kriteria penerima vaksin ketiga Covid-19 (Setpres)
Menkes Budi Gunadi Sadikin; Wacana vaksin ketiga atau booster Covid-19 untuk masyarakat menyeruak. Pemerintah telah membocorkan kriteria penerima vaksin ketiga Covid-19 (Setpres)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wacana vaksin ketiga atau booster untuk masyarakat menyeruak ke publik. Pemerintah pun telah membocorkan kriteria penerima vaksin ketiga atau booster Covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan wacana ini akan dilaksanakan tahun depan usai mengamankan dosis vaksin untuk target membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok kepada 208 juta orang Indonesia.

Saat ini, aneka kombinasi merek vaksin Covid-19 yang tepat tengah diteliti untuk diberikan sebagai booster atau vaksin ketiga untuk masyarakat.

Baca Juga: Redmi Note 11 Bawa Fast Charging 120 W, Ini Tanggal Rilisnya!

"Jadi tahun depan rencananya memang kita akan memberikan booster, dan booster ini memang sedang dikaji oleh lembaga penelitian bekerjasama dengan ITAGI (Indonesia Technical Advisory Group on Immunization), untuk melihat kombinasi mana yang paling baik," ujar Menkes Budi, Selasa (26/10/2021).

Budi menyampaikan, pihaknya menargetkan hasil kajian bisa selesai di akhir 2021. Dia berharap, kebijakan bisa segera diambil agar vaksin ketiga atau booster bisa diberikan pada awal 2022.

Baca Juga: Cara Edit Foto Jadi Pengantin Seperti Asli yang Viral di TikTok, Pakai Aplikasi 'Tempo'

"Penelitian sedang berjalan, dan diharapkan akhir tahun bisa selesai, sehingga diharapkan menjadi basis untuk ambil kebijakan ke depannya," katanya.

Budi menuturkan, kriteria penerima vaksin ketiga atau booster Covid-19 juga tidak sembarangan. Masyarakat yang bisa menerima vaksin ketiga atau booster Covid-19 harus sesuai dengan arahan dan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tes PPPK Guru Tahap 2 Diundur?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:24 WIB
X