Indonesia Usahakan Obat Covid-19 Molnupiravir Bisa Digunakan Akhir Tahun

- Senin, 25 Oktober 2021 | 18:28 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Pemerintah Indonesia saat ini sudah dalam tahapan final kesepakatan untuk pengadaan antivirus alias obat Covid-19 molnupiravir. (Sekretariat Presiden)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin; Pemerintah Indonesia saat ini sudah dalam tahapan final kesepakatan untuk pengadaan antivirus alias obat Covid-19 molnupiravir. (Sekretariat Presiden)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Indonesia saat ini sudah dalam tahapan final kesepakatan untuk pengadaan antivirus alias obat Covid-19 molnupiravir.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, pemerintah Indonesia tengah mengusahakan agar obat buatan Merck, perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, ini sudah bisa digunakan di Indonesia pada akhir tahun 2021.

"Kami sudah sampai di tahap finalisasi kesepakatan agar Indonesia bisa mengadakan tablet molnupiravir, diusahakan di akhir tahun ini," kata Budi, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: Cara Edit Foto Jadi Pengantin Seperti Asli yang Viral di TikTok, Pakai Aplikasi 'Tempo'

Tahapan final kesepakatan untuk pengadaan obat antivirus Covid-19 molnupiravir tersebut dilakukan setelah Menkes beserta Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berkunjung ke Amerika Serikat untuk melakukan pembicaraan dengan Merck beberapa pekan lalu.

Budi mengatakan, dengan adanya pasokan obat Covid-19 molnupiravir yang dianggap menjanjikan untuk menjadi obat terapi pasien Covid-19 tersebut, Indonesia akan punya cadangan apabila ada potensi Gelombang Ketiga Covid-19 terjadi di Tanah Air.

Budi menjelaskan, pemerintah juga terus menjajaki kerja sama dengan pabrikan tersebut agar Merck mau membuat pabrik di Indonesia. Demikian juga dengan produksi bahan baku obat Covid-19 molnupiravir.

Hasil studi laboratorium Merck & Co. menunjukkan, obat Covid-19 atau antivirus molnupiravir mengurangi sekitar 50 persen risiko rawat inap atau kematian bagi pasien Covid-19 yang berisiko penyakit parah.

Baca Juga: 19 Daftar HP Samsung Murah RAM Besar 1 Jutaan Terbaru dan Terbaik Oktober 2021

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jadwal Pengisian DRH PPPK Tahap 2, Berikut Panduannya

Senin, 17 Januari 2022 | 13:29 WIB

Gempa Aceh Minggu Siang Terasa di Nagan Raya

Minggu, 16 Januari 2022 | 14:27 WIB
X