Penyebab Kominfo Sulit Kendalikan Aplikasi Pinjol Ilegal

- Senin, 25 Oktober 2021 | 16:33 WIB
Ilustrasi uang rupiah; pinjaman online (Pinjol) menjadi permasalahan baru, karena tidak sedikit yang merugikan nasabahnya, disamping tidak memiliki izin dari OJK. (Pixabay/Mohamad Trilaksono )
Ilustrasi uang rupiah; pinjaman online (Pinjol) menjadi permasalahan baru, karena tidak sedikit yang merugikan nasabahnya, disamping tidak memiliki izin dari OJK. (Pixabay/Mohamad Trilaksono )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- pinjaman online (Pinjol) menjadi permasalahan baru, karena tidak sedikit yang merugikan nasabahnya, di samping tidak memiliki izin dari OJK alias ilegal.

Upaya pengendalian aplikasi Pinjol ilegal terus dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Salah satunya adalah dengan melakukan takedown.

Dirjen Informasi Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong, mengatakan jauh sebelum kasus hukum yang melibatkan pengelola aplikasi Pinjol ilegal, pihaknya telah berupaya untuk melakukan pengendalian.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Redmi Note 11 Pro 5G, Ini Bocoran Tanggal Rilisnya!

Bahkan lebih dari 4.000 aplikasi Pinjol ilegal telah dinonaktifkan oleh Kominfo selama tahun ini.

"Namun, setelah kami takedown, muncul lagi aplikasi Pinjol ilegal baru sejenis," ujar saat Literasi Media sebagai Upaya Mencerdaskan Masyarakat di Era Digital Berbasis Internet dalam program Fellowship Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan, Senin 25 Oktober 2021.

Tidak hanya melakukan takedown sebagai upaya agar masyarakat tidak bisa mengakses aplikasi Pinjol ilegal tersebut. Kominfo juga melakukan penelusuran server pengelola pinjaman aplikasi Pinjol ilegal yang akhir-akhir ini meresahakan masyarakat tersebut.

Letak kesulitan dalam pengendalian aplikasi Pinjol ilegalberada dalam server. Menurut Usman, hampir separuh server aplikasi Pinjol ilegal bukan berada di dalam negeri.

Baca Juga: 19 Daftar HP Samsung Murah RAM Besar 1 Jutaan Terbaru dan Terbaik Oktober 2021

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PPKM Diperpanjang, Airlangga: Level Relatif Turun

Senin, 6 Desember 2021 | 17:26 WIB
X