Sengkarut Retribusi Tiket Kebersihan Wisata Cibodas, Ini Kata Dinas LH Cianjur

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 15:38 WIB
Kebun Raya Cibodas; Dinas Lingkingan Hidup (LH) Kabupaten Cianjur angkat bicara tentang sengkarut retribusi tiket kebersihan di kawasan wisata Cibodas. (alam priangan)
Kebun Raya Cibodas; Dinas Lingkingan Hidup (LH) Kabupaten Cianjur angkat bicara tentang sengkarut retribusi tiket kebersihan di kawasan wisata Cibodas. (alam priangan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Dinas Lingkingan Hidup (LH) Kabupaten Cianjur angkat bicara tentang sengkarut retribusi tiket kebersihan di kawasan wisata Cibodas.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkingan Hidup (LH) Cianjur, Neneng Rostiantie mengaku, pihaknya hanya mengelola sampahnya saja.

“Kami hanya mengelola sampah saja, tidak yang lain lainnya,” kata Neneng kepada Ayobandung.com, Sabtu 23 Oktober 2021.

Baca Juga: Cara Edit Foto Jadi Pengantin Seperti Asli yang Viral di TikTok, Pakai Aplikasi 'Tempo'

Neneng menolak jika Dinas Lingkungan Hidup disebut menjadi penyebab Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) meniadakan retribusi pajak pariwisata sebesar Rp7000. Apalagi dia menyebut hal itu tidak mengganggu perjanjian kerja sama (PKS) antara Pemkab Cianjur dengan pengelola Kebun Raya Cibodas.

Neneng mengatakan, dalam perjanjian antara LIPI sebagai pengelola Kebun Raya Cibodas dengan Pemerintah Kabupaten Cianjur, terdapat klausul yang menyatakan pihak pemerintah daerah dilarang melakukan pemungutan di kawasan wisata Cibodas.

“Kenapa kami menolak menjadi penyebabnya, karena retribusi yang kami kelola ini tidak di gerbang utama, tapi memakai sistem zonasi di setiap destinasi wisata di kawasan Cibodas,” kataya.

Perihal retribusi tiket kebersihan yang ada di Dinas Lingkingan Hidup, Neneng mengungkapkan, dasar hukum retribusi tersebut lantaran areal tersebut milik pemerintah daerah.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Redmi Note 11 Pro 5G, Ini Bocoran Tanggal Rilisnya!

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X