Penurunan Imunitas Diprediksi Terjadi pada Warga yang Vaksinasi Covid-19 Awal Tahun

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:12 WIB
ilustrasi vaksinasi Covid-19; Masyarakat yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada awal tahun diprediksi mengalami penurunan imunitas saat memasuki akhir tahun. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
ilustrasi vaksinasi Covid-19; Masyarakat yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada awal tahun diprediksi mengalami penurunan imunitas saat memasuki akhir tahun. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Masyarakat yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada awal tahun diprediksi mengalami penurunan imunitas saat memasuki akhir tahun.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Agus Suprapto, menyarankan bagi masyarakat yang akan melakukan kegiatan selama Natal dan Tahun Baru harus mengutamakan protokol kesehatan dan kehati-hatian.

Pasalnya, masyarakat yang mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada awal tahun diprediksi mengalami penurunan imunitas saat memasuki akhir tahun atau di November dan Desember tahun ini.

“Virus ini menguji endurance atau ketahanan kita semua. Sehingga harus tetap disiplin prokes, serta bersama-sama mendorong upaya 3T,” kata Agus.

Baca Juga: Epidemiolog UI Nilai Tes PCR Penumpang Pesawat Hanya Pemborosan Uang

Agus mengakui, masyarakat masih harus selalu diingatkan untuk disiplin prokes meski angka penularan Covid-19 di Indonesia telah melandai.

Sebab, Agus mengatakan, pandemi Covid-19 belum selesai. Alhasil, pelonggaran mobilitas dan aktivitas masyarakat, bukan menjadi acuan untuk menurunkan kewaspadaan dan pelonggaran disiplin prokes.

Senada, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Alexander Ginting mengakui potensi gelombang ketiga Covid-19 masih menghantui. Apalagi melihat potensi di momen liburan Nataru.

Baca Juga: Cara Edit Foto Jadi Pengantin Seperti Asli yang Viral di TikTok, Pakai Aplikasi 'Tempo'

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tes PPPK Guru Tahap 2 Diundur?

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:24 WIB
X