Tata Cara Niat hingga Doa Sesudah Wudhu, Latin dan Terjemahan

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:09 WIB
Berikut tata cara wudhu, niat wudhu, hingga doa sesudah wudhu lengkap dengan latin dan terjemahan. Berwudhu itu hukumnya wajib ketika seorang Muslim hendak melaksanakan salat, thawaf, dan juga menyentuh dan membaca kitab suci Alquran. (Pixabay)
Berikut tata cara wudhu, niat wudhu, hingga doa sesudah wudhu lengkap dengan latin dan terjemahan. Berwudhu itu hukumnya wajib ketika seorang Muslim hendak melaksanakan salat, thawaf, dan juga menyentuh dan membaca kitab suci Alquran. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut tata cara wudhu, niat wudhu, hingga doa sesudah wudhu lengkap dengan latin dan terjemahan. Berwudhu itu hukumnya wajib ketika seorang Muslim hendak melaksanakan salat, thawaf, dan juga menyentuh dan membaca kitab suci Alquran.

Dalam wudhu, ada bacaan niat wudhu dan doa sesudah wudhu yang harus dilafazkan baik sebelum dan sesudah wudhu. Lalu bagaimana bacaan doa sesudah wudhu?

Melakukan wudhu dengan cara yang benar juga mampu menggugurkan dosa dari anggota tubuh yang sudah dibasuh. Dengan berwudhu, manusia menyucikan diri secara menyeluruh dan sesuai dengan syariat sebelum menghadap Allah SWT.

Baca Juga: Jemaah Bisa Umrah Setelah Karantina Lima Hari

Berikut ini adalah tuntunan lengkap mengenai tata cara berwudhu, beserta doa sesudah wudhu yang wajib diketahui, dilansir dari laman NU Online.

doa sesudah wudhu

Sebelum mulai berwudhu, terdapat bacaan niat wudhu yang harus dilafazkan. Bacaan niat wudhu ini diartikan sebagai kesungguhan hati karena melaksanakan perintah Allah SWT dan mengikuti ajaran dari Rasulullah SAW semata.

Dalam HR Bukhari pun pernah menuliskan bahwa "Rasulullah SAW menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya..." (HSR. Bukhari dalam Fathul Baary, 1:9; Muslim, 6:48).

Berikut ini adalah bacaan niat wudhu yang perlu dibaca sebelum melakukannya:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Sholat Dhuha dan Artinya

Senin, 6 Desember 2021 | 08:00 WIB

Apa Perbedaan Adzan dan Iqamah?

Jumat, 3 Desember 2021 | 11:31 WIB

Apakah Memegang Kucing Membatalkan Wudhu?

Jumat, 26 November 2021 | 11:20 WIB

Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Desember 2021

Minggu, 21 November 2021 | 13:00 WIB

Macam-macam Sholat Sunnah dan Bacaan Niatnya

Selasa, 16 November 2021 | 10:00 WIB

Hukum Menagih Utang dengan Menyebar Aib Nasabah

Minggu, 14 November 2021 | 05:00 WIB

Ciri Orang Bodoh menurut Islam

Minggu, 14 November 2021 | 04:00 WIB

Dzikir yang Berat Timbangannya dan Penghapus Dosa-dosa

Minggu, 7 November 2021 | 08:00 WIB
X