Data KPAI Bocor hingga Muncul di Situs RaidForums, Ini Tanggapan Kominfo

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:18 WIB
Ilustrasi -- data KPAI bocor ke internet. Bahkan data ini telah muncul ini RaidForums pada 13 Oktober 2021. Berikut koronologi data KPAI bocor hingga tanggapan Kominfo. (Pixabay/B_A)
Ilustrasi -- data KPAI bocor ke internet. Bahkan data ini telah muncul ini RaidForums pada 13 Oktober 2021. Berikut koronologi data KPAI bocor hingga tanggapan Kominfo. (Pixabay/B_A)

data KPAI bocor ke internet. Bahkan data ini telah muncul ini RaidForums pada 13 Oktober 2021. Berikut koronologi data KPAI bocor hingga tanggapan Kominfo.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Lini masa tengah ramai membicarakan data KPAI bocor. Data-data Komisi Perlindungan Anak Indonesia diduga telah bocor ke internet. Bahkan telah muncul ini RaidForums pada 13 Oktober 2021. Dalam RaidForums muncul dengan judul Leaked Database KPAI (kpai.go.id) yang diklaim milik KPAI tersebut.

Temuan data KPAI bocor ini ramai di media sosial usai diunggah oleh akun Twitter @txtdarionlshop. Ia mengunggah screenshot berisi akun yang menjual hingga deskripsi database yang diduga bocor.

"Wah wah wah, database @KPAI_official katanya bocor nih," kata @txtdarionlshop, dikutip Hitekno.com, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: HP 5G Murah Terbaru Oktober 2021, Segini Harga Vivo Y71t!

Diduga data KPAI bocor hingga diretas ini berasal dari identitas pribadi dari orang-orang yang pernah melakukan pengaduan ke KPAI. Data ini sendiri diunggah oleh akun dengan username C77.

Adapun data yang disediakan akun C77 yang diklaim dari kebocoran data KPAI ini terdiri dari dua file, yaitu kpai_pengaduan_csv dan kpai_pengaduan_csv.

akun C77 sendiri mengatakan bahwa keamanan website pemerintah, terutama yang menggunakan domain go.id, sangat lemah. Ia mengaku menyimpan lebih banyak lagi data milik pemerintah.

Baca Juga: Puluhan Ton Ikan Kolam Apung Saguling Cirata Mati Dianggap Peristiwa Musiman, Ini Solusi Pemerintah

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Omicron, Indonesia Larang WN dari Hong Kong

Senin, 29 November 2021 | 15:46 WIB

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB
X