Catat! Hasil Tes PCR Jadi Syarat Perjalanan Menggunakan Pesawat

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:57 WIB
Hasil tes PCR menjadi syarat perjalanan mengunakan pesawat. Pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan baru aturan persyaratan penerbangan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Hasil tes PCR menjadi syarat perjalanan mengunakan pesawat. Pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan baru aturan persyaratan penerbangan. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- hasil tes PCR menjadi syarat perjalanan mengunakan pesawat. Pemerintah kembali mengeluarkan kebijakan baru terkait aturan persyaratan penerbangan.

Pasalnya, semua di Jawa dan Bali diwajibkan untuk menunjukkan hasil tes PCR untuk persyaratan perjalanan.

Sebelumnya, persyaratan dan aturan persyaratan penerbangan boleh menunjukkan hasil tes Antigen.

Baca Juga: 23 Daftar HP Samsung Murah Terbaru dan Terbaik 2021

Aturan ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Satgas Covid-19 Surat Edaran Nomor 21 Tahun 2021 Tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada masa Pandemi Covid-19.

"Pelaku perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi udara dari dan ke daerah di wilayah Pulau Jawa dan Pulau Bali serta daerah ditetapkan Inmendagri wajib menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksin pertama) dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkataan," tulis SE tersebut dinukil dari Suara.com, Kamis (21/10/2021).

Baca Juga: 14 Daftar HP 5G Murah 1 Jutaan 2021

Berbeda pada transportasi udara, transportasi laut, kereta api dan penyeberangan dalam aturan SE masih diperbolehkan untuk menyertakan hasil tes antigen maksimal satu hari sebelum keberangkatan.

Sedangkan, khusus perjalanan rutin dengan transportasi darat baik kendaraan pribadi maupun transportasi umum dalam satu kawasan atau aglomerasi dikecualikan persayaratan tes antigen atau PCR.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Omicron, Indonesia Larang WN dari Hong Kong

Senin, 29 November 2021 | 15:46 WIB

Akhirnya, Toilet SPBU Gratis!

Sabtu, 27 November 2021 | 12:30 WIB

20 Link Twibbon Hari Menanam Pohon Indonesia 2021

Jumat, 26 November 2021 | 20:08 WIB
X