Tanah Ambrol di Kawasan Wisata Cipanas Cianjur, Akses Dua Kampung Terputus

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 10:51 WIB
Tanah ambrol ini terjadi di Kampung Cikole, RT01 RW02, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. (Ayobandung.com/Ist)
Tanah ambrol ini terjadi di Kampung Cikole, RT01 RW02, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. (Ayobandung.com/Ist)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Hujan deras yang melanda kawasan wisata Puncak-Cipanas, Kabupaten Cianjur, menyebabkan tanah retak dan ambrol, Senin, 18 Oktober 2021 sekitar pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, tanah ambrol ini terjadi di Kampung Cikole, RT01 RW02, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

Tanah yang retak dan ambrol membuat akses jalan dua kampung terputus, yakni Kampung Cikole dengan Kampung Babakan. Namun pada kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Baca Juga: Sudah Empat Bulan Stok Vaksin Imunisasi Bayi di Cianjur Kosong

Plt Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Teddy Artiawan menjelaskan, bencana itu terjadi tidak jauh dari di permukiman penduduk.

“Tidak jauh dari permukiman, tapi masih aman karena di area bawah tebing tidak ada rumah penduduk,” kata Teddy kepada Ayobandung.com saat dihubungi melalui telepon, Selasa 19 Oktober 2021.

Retakan tanah sepanjang kurang lebih 10 meter dan tanah ambrol di ketinggian 20 meter, jelas Teddy, saat ini berada dalam pengawasan anggota Retana di lokasi kejadian.

“Anggota Retana saat ini terus memantau pergerakan tanah di lokasi tersebut, takut terjadi retakan yang lebih panjang dan lebar,” ujarnya.

Baca Juga: Nasib Guru Honorer di Cianjur, Kesenjangan Besar dengan PNS

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M 5,3 Guncang Pangandaran, Berpotensi Tsunami?

Jumat, 28 Januari 2022 | 02:40 WIB

RZ-Warbaks Tantang Kaum Muda Jadi Pengusaha Berdaya

Selasa, 25 Januari 2022 | 14:17 WIB
X