Nama-nama Anak yang Dilarang dalam Islam

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 07:34 WIB

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Konselor keluarga yang juga lulusan Universitas Kairo Mesir, Mona Salama, memberi penjelasan soal bagaimana memberi nama yang baik pada anak. Dia mengatakan, Islam tidak mewajibkan umat Islam memilih nama tertentu, seperti nama Arab atau non-Arab untuk anak-anak mereka.

Nama anak diserahkan kepada orang tua, namun pilihannya harus memenuhi aturan tertentu. Orang tua harus memastikan nama yang digunakan adalah nama yang baik karena nama adalah cerminan dari keyakinan, etika, dan kepribadian seseorang.

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Kamu akan dipanggil pada Hari Kebangkitan dengan namamu dan nama ayahmu, maka milikilah nama yang baik." (HR Abu Dawud)

Baca Juga: Cara Memberi Nama Anak: Akta Kelahiran Maksimal 55 Karakter

Dilaporkan Republika, untuk memiliki nama yang baik, aturan-aturan tertentu harus dipenuhi. Di antaranya, tidak boleh menunjukkan jejak syirik atau asosiasi yang menyekutukan Allah, misalnya 'Abd al-Ka'bah, 'Abd al-Nabi, atau 'Abdul-Husain (hamba Ka'bah atau hamba Nabi, atau hamba Al Husain) karena kita semua adalah hamba Allah saja.

Hal itu supaya tidak dibenci atau memalukan bagi anak dan orang-orang di sekitarnya, seperti mereka yang menunjukkan ejekan, kejahatan, penindasan, atau ketidakberhargaan diri. Dalam hal ini, Nabi SAW mengubah nama yang buruk beberapa sahabat menjadi baik.

Misalnya, dia mengubah nama seorang wanita dari Qalilah (sedikit) menjadi Kathirah (banyak), dan nama lain dari 'Aasiyah (pendosa) menjadi Jamilah (cantik), Harb (perang) dengan Salam (damai), Sa'b (sulit) dengan Sahl (mudah ditangani) dan seterusnya. Seorang Muslim harus menghindari nama yang menunjukkan keangkuhan dan kesombongan.

Nabi Muhammad bersabda, "Nama yang paling menjijikkan bagi Allah di akhirat adalah nama orang yang menyebut dirinya "Raja di atas segala Raja", karena Allah adalah Tuhan di atas segala raja." (HR Muslim)

Baca Juga: 100+ Inspirasi Nama Bayi Perempuan Islami dari A hingga Z, Lengkap dengan Artinya

Muslim juga dilarang menamai anak-anak mereka dengan Nama-Nama Allah yang Terbaik, seperti Al-Khaliq (Sang Pencipta) dan sejenisnya. Dianjurkan pula untuk memberikan nama pada anak dengan nama para sahabat setelah Nabi dan orang-orang saleh. Ini untuk mengingat mereka, dan mengikuti jejak mereka.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Amalan Khusus supaya Rezeki Bertambah

Jumat, 23 September 2022 | 21:41 WIB

Manfaat Salat Subuh untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 11 September 2022 | 05:00 WIB
X