Hukum Memperingati Maulid Nabi, Ini Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

- Senin, 18 Oktober 2021 | 14:28 WIB
kelahiran Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam jatuh pada 12 Rabiul Awal atau 19 Oktober 2021. Ustaz Adi Hidayat membeberkan hukum merayakan hari kelahiran Nabi atau dikenal Maulid. (Tangkapan layar)
kelahiran Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam jatuh pada 12 Rabiul Awal atau 19 Oktober 2021. Ustaz Adi Hidayat membeberkan hukum merayakan hari kelahiran Nabi atau dikenal Maulid. (Tangkapan layar)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- kelahiran Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam jatuh pada 12 Rabiul Awal atau 19 Oktober 2021. Ustaz Adi Hidayat membeberkan hukum merayakan hari kelahiran Nabi atau dikenal Maulid.

Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad, masyarakat di beberapa Indonesia memuliakan hari istimewa ini dengan cara dan kebiasaan masing-masing. Semua dilakukan sebagai salah satu bentuk ekspresi cinta terhadap Nabi Muhammad.

Pendakwah Ustaz Adi Hidayat (UAH) menjelaskan secara rinci dan ilmiah mengenai hukum Maulid nabi dengan memberikan contoh dalam kehidupan.

Baca Juga: Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Dia mengatakan, Maulid artinya hari kelahiran yakni merujuk pada waktu kelahiran. Bila dikaitkan dengan Nabi, maka merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, dikutip dari kanal You Tube Adi Hidayat Official.

Dia melanjutkan, terdapat satu kata yang biasa tersebar di masyarakat, yakni kata maulud atau mulud. Menurutnya, kata tersebut memiliki arti yang sama, tapi dalam konteks yang berbeda, yaitu kelahiran yang merujuk pada orangnya.

“Jadi jika ditanya, apakah hukum maulid (Nabi Muhammad) atau maulud itu? Secara bahasa yang diterangkan, enggak ada hukumnya,” ujar ustadz Adi Hidayat.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa sesuatu dapat timbul hukum itu dikarenakan perbuatannya, bukan merujuk pada benda atau orang.

“Misal, golok hukumnya apa? Tidak ada hukumnya, tapi jika golok digunakan untuk mencincang/membunuh orang, maka hukumnya haram,” kata ustadz Adi Hidayat.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Masuk Surga tanpa Hisab

Kamis, 20 Januari 2022 | 11:50 WIB

Doa Buka Puasa Senin Kamis

Minggu, 16 Januari 2022 | 12:00 WIB

5 Amalan Hebat Setiap Hari, Amalkan Yuk

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:00 WIB

Niat Puasa Qadha Ramadhan Arab, Latin, dan Artinya

Rabu, 12 Januari 2022 | 20:48 WIB

Zikir dan Doa Bangun Tidur Sesuai Hadis dan Sunah

Selasa, 11 Januari 2022 | 21:16 WIB

6 Akibat Minuman Keras Menurut Islam

Minggu, 9 Januari 2022 | 14:00 WIB

Hukum Terlambat Mengumandangkan Adzan

Jumat, 7 Januari 2022 | 11:40 WIB
X