Kaum Transgender Cianjur Tak Berani Ajukan Ganti Jenis Kelamin di KTP

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 18:30 WIB
KTP Elektronik; Kaum transgender di Kabupaten Cianjur lebih memilih tidak mengganti jenis kelamin pada kolom kartu tanda penduduk (KTP), karena tidak ada keberanian. (Istimewa)
KTP Elektronik; Kaum transgender di Kabupaten Cianjur lebih memilih tidak mengganti jenis kelamin pada kolom kartu tanda penduduk (KTP), karena tidak ada keberanian. (Istimewa)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Kaum transgender di Kabupaten Cianjur lebih memilih tidak mengganti jenis kelamin pada kolom kartu tanda penduduk (KTP), karena tidak ada keberanian.

Sandi (34) bukan nama sebenarnya, mengaku dirinya berkeinginan mengganti kolom jenis kelamin, namun banyak kekhawatiran pada saat prosesnya.

“Iya mau sih, tapi takut aja jadi rame nantinya,” terang Sandi pada saat dihubungi melalui telepon, Jumat 15 Oktober 2021.

Baca Juga: Download WhatsApp GB APK Gratis Terbaru Oktober, Awas Data Hilang dan HP Rusak

Sandi bersama teman-temannya khawatir hasil proses sidang dan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Cianjur berlanjut viral setelah diajukan ke Disdukcapil.

“Iya khawatir aja, mendingan diam aja dulu daripada nantinya viral di masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur menyatakan hingga ini belum adanya permohonan perubahan jenis kelamin di KTP.

"Hingga kini di Kabupaten Cianjur belum menerima adanya yang mengajukan permohonan perubahan jenis kelamin transgender," tutur Kepala Disdukcapil Cianjur, Munajat pada wartawan.

Baca Juga: 15 Rekomendasi HP NFC Murah 2021 Terbaik Redmi hingga Samsung, Mulai 1 Jutaan!

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X