Cara Memberi Nama Anak: Akta Kelahiran Maksimal 55 Karakter

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:22 WIB
[Ilustrasi orang tua dan anak] Panjang nama anak untuk akta kelahiran maksimal 55 karakter. Ada lima aturan umum dalam pemberian nama. (Pixabay)
[Ilustrasi orang tua dan anak] Panjang nama anak untuk akta kelahiran maksimal 55 karakter. Ada lima aturan umum dalam pemberian nama. (Pixabay)

Panjang nama anak untuk akta kelahiran maksimal 55 karakter. Ada lima aturan umum dalam pemberian nama.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Akta kelahiran adalah tanda bukti resmi yang dicetak dan berisi tentang informasi kelahiran seseorang.
 
Dalam akta kelahiran, panjang nama anak maksimal 55 karakter.
 
Bila anak diberi nama lebih dari 55 karakter, ditakutkan akan sulit untuk dibuatkan akta kelahiran karena kepanjangan dan tak termasuk dalam sistem.
 
Untuk memastikan nama anak dalam akta kelahiran tidak lebih dari maksimal 55 karakter, ada baiknya mengenali aturan umum pemberian nama di Indonesia.
 
Walau aturan ini belum resmi, tetapi aturan umum ini diterapkan oleh Dukcapil dalam pendataan untuk satu nama anak di Indonesia.
 
1. Tidak Memakai Simbol Tertentu
 
Nama anak sebaiknya menggunakan huruf saja, tidak ditambah oleh simbol tertentu, agar dapat terbaca dalam sistem.
 
2. Tidak Memakai 'Alias'
 
Tidak disarankan menggunakan alias. Contoh, Gelar Alias Aldi. Selain tak terbaca oleh sistem, tapi hal ini dapat memicu kebingungan di kemudian hari.
 
3. Dilarang Disingkat
 
Tidak boleh menyingkat nama untuk akta kelahiran. Misal orang bernama Muhammad maka disingkat menjadi satu huruf yaitu M pada identitasnya.
 
4. Mudah Dieja 
 
Sebaiknya memberikan nama untuk anak dengan penuh khidmat sesuai yang diharapkan. Tapi, di samping itu juga sebaiknya nama anak mudah dieja, mudah diingat, dan tidak terlalu panjang.

5. Tidak Terlalu Panjang 
 
Bila pemberian nama terlalu panjang maka hanya akan membingungkan pada pembuatan identitas, seperti di akta kelahiran dimuat seluruh nama, tapi di KTP terlalu panjang hingga akhirnya disingkat.
 
 
Hal ini justru dapat menyulitkan yang bersangkutan karena dikhawatirkan terjadi perbedaan data.
 
Demikian informasi seputar nama anak untuk akta kelahiran maksimal 55 karakter. Agar nama anak penuh makna, sebaiknya juga kenali lima aturan pemberian nama. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengusir Ular dari Rumah, Antisipasi Musim Hujan

Jumat, 3 Desember 2021 | 16:08 WIB

Cara Langganan WeTV Pakai Pulsa

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:27 WIB
X