Ceramah Gus Baha tentang Hidup Berdampingan dari Zaman Nabi

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:23 WIB
Hidup berdampingan dengan keberagaman merupakan situasi yang sudah ada sejak dulu. (Pixabay/Gerald Altman)
Hidup berdampingan dengan keberagaman merupakan situasi yang sudah ada sejak dulu. (Pixabay/Gerald Altman)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hidup berdampingan dengan keberagaman merupakan situasi yang sudah ada sejak dulu. Gus Baha atau KH Bahaudin Nur Salim menyampaikan ceramah soal hidup berdampingan, dikutip dari Republika.

Menurut Gus Baha, banyak cerita zaman ulama terdahulu yang menunjukkan kebaikan ulama dalam hidup bersosialisasi di tengah keberagaman.

Baca Juga: Ceramah Gus Baha: Jenis Ibadah yang Murah tanpa Biaya

"Nabi Ibrahim sempat ditegur oleh Allah SWT memberi makan orang Majusi yang sedang kelaparan dengan satu syarat, yaitu mau beriman kepada Allah. Namun orang Majusi tersebut keberatan dan menjadikan Nabi Ibrahim urung memberikan makanan. Lantas Allah menegurnya," kata dia.

Nabi Ibrahim ditegur oleh Allah SWT karena Allah memberi makan orang Majusi itu selama puluhan tahun, padahal dia tidak beriman. Lantas Nabi Ibrahim memanggil orang Majusi tersebut untuk diberi makan.

Diceritakan pula oleh Gus Baha, Nabi Muhammad SAW memaafkan Da’sur, seorang yang sangat benci kepada Nabi dan hampir membunuhnya. Namun Nabi memaafkannya dan menyuruhnya pergi, hingga akhirnya Da’sur masuk Islam.

Baca Juga: Isi Ceramah Ustaz Evie Lagi-lagi Jadi Sorotan

Sikap pemaaf Nabi Muhammad itu juga diberikan kepada orang kafir Quraisy yang sudah masuk Islam. Bahkan, mereka sempat takut karena sebelumnya sangat memusuhi Nabi.

“Orang Quraisy ini berkata, 'Saya saksikan engkau sebagai orang yang tidak berperilaku bengis. Engkau adalah Saudara yang terhormat'. Lantas Nabi memaafkan mereka sebagaimana Nabi Yusuf memaafkan saudara-saudaranya yang telah berusaha membunuhnya,” lanjutnya.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perpustakaan di Pelosok Cicalengka Ini Dirintis Remaja

Minggu, 5 Desember 2021 | 19:00 WIB

Cegah Fanatisme Kearifan Lokal Secara Berlebihan

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:04 WIB

Aplikasi Parenting, Awasi Anak saat Gunakan Gadget

Kamis, 25 November 2021 | 16:59 WIB

Hukum Berbohong kepada Istri, Simak Penjelasannya!

Jumat, 19 November 2021 | 20:18 WIB

Peringati Maulid Nabi, DKM Ikomah Gelar Lomba Kultum

Minggu, 31 Oktober 2021 | 12:21 WIB
X