5 Ciri Kucing Hamil: Sering Tak Disadari Pemilik dan Melahirkan Sembarangan

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:25 WIB
Setidaknya ada lima ciri kucing sedang hamil yang sering tak disadari oleh pemilik. Sering kali ini bikin kucing melahirkan sembarangan. (Pixabay)
Setidaknya ada lima ciri kucing sedang hamil yang sering tak disadari oleh pemilik. Sering kali ini bikin kucing melahirkan sembarangan. (Pixabay)

Setidaknya ada lima ciri kucing sedang hamil yang sering tak disadari oleh pemilik. Kerap kali ini bikin kucing melahirkan sembarangan.

 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Terkadang terdapat ciri-ciri kucing hamil yang sering tidak disadari oleh pemilik.
 
Ketidaksadaran inilah yang membuat pemilik belum tahu secara pasti bagaimana cara merawatnya.
 
Namun, tidak perlu khawatir berlebih, terdapat lima ciri kucing hamil yang sebenarnya bisa diidentifikasi secara langsung oleh pemilik.
 
Kelima cara ini mudah dikenali sehingga pemilik bisa mencari tahu cara merawat kucing yang sedang menjalani masa kehamilan, seperti asupan makanannya, kontrol kesehatan dan lain-lain.
 
Dikutip dari The Spruce Pets, berikut lima ciri kucing hamil:
  • Siklus Berahi
Siklus berahi kucing betina sekitar 10 hari sampai 14 hari atau dua minggu. Jika setelah masa tersebut, birahi kucing betina berhenti, maka sebaiknya bawa kucing ke dokter hewan untuk diperiksa kehamilannya.
  • Perubahan Puting Susu

Puting susu kucing akan membengkak dan warnanya menjadi merah muda disebabkan oleh kelenjar susunya sudah mulai terisi oleh susu. Perubahan ini merupakan ciri khas yang melekat pada kucing hamil.

  • Nafsu Makan
Kucing betina hamil akan memperlihatkan bahwa dia selalu lapar. Nafsu makan yang meningkat inilah tanda bahwa kucing sedang hamil, sebab dia tidak hanya makan untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk anak yang dikandungnya.
 
  • Mencari Tempat Melahirkan
Terkadang pemilik menduga bahwa kucingnya pemalas karena sering tidur, pada kucing tersebut sedang hamil dan akan melahirkan.
 
Dia juga akan mencari tempat melahirkan yang nyaman, dan sunyi. Gerak-gerik pada fase ini bisa dilihat bahwa kucing berhenti makan 24 jam sebelum melahirkan dan suhu tubuh kucing turun di bawah 37,7 derajat celcius.
  • Perubahan Perilaku
Mirip dengan manusia, pada awal masa kehamilan kucing hamil akan sering muntah-muntah. Perubahan perilakunya bisa dilihat bahwa dia minta untuk sering dimanja. 
 
Tak hanya itu, bulu mudah rontok juga menjadi tanda kuat bahwa kucing sedang hamil.
 

Supaya menjaga keamanan dan kesehatan kucing yang sedang hamil, ada baiknya pemilik memahami cara merawat kucing yang sedang bunting.
 
Berikut cara merawat kucing hamil:
  • Perhatikan Asupan Nutrisi 
Sebaiknya berikan makanan 25 persen lebih banyak dari semestinya. Pastikan makanan ini tinggi kalsium dan protein sebagai persiapan untuk menyusui nanti. Juga bisa diberikan makanan basah yang mengandung vitamin dan kalori.
  • Kesehatan Kucing
Perhatikan kesehatan kucing ketika sedang bunting. Ada beberapa gejala gangguan kesehatan pada masa kehamilan kucing, seperti terlihat stress, menjilati area vulva, keputihan tidak normal, urine bercampur dengan darah atau ketika jongkok tidak mengeluarkan urine. Bisa jai ini infeksi rahim.
  • Ketahui Waktu Kucing Melahirkan
Persalinan kucing biasanya terjadi selama kurang lebih 36 jam. Akan lebih cepat jika kucing sebelumnya sudah pernah melahirkan.
 
Jika saatnya sudah tiba, maka kucing akan ke tempat melahirkan. Perhatikan kucing sebab dia akan terlihat terengah-engah, tak jarang juga menggaruk-garuk organ vitalnya.
 
Pada tahap kelahiran, setiap bayi kucing membutuhkan waktu lima sampai 30 menit. Kontraksi akan terjadi lebih kuat ketika bayi kucing hendak keluar. 
 
Tahap terakhir, biasanya induk kucing akan memakan plasenta yang membutuhkan waktu empat sampai enam jam.
 
 
Demikian informasi mengenai ciri-ciri kucing hamil yang sering tidak disadari oleh pemilik dan cara merawatnya ketika di masa kehamilan.
 
Pahami ciri-cirinya dan cara merawatnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kucing kesayangan. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengusir Ular dari Rumah, Antisipasi Musim Hujan

Jumat, 3 Desember 2021 | 16:08 WIB

Cara Langganan WeTV Pakai Pulsa

Kamis, 2 Desember 2021 | 12:27 WIB
X