Kebudayaan Jawa Barat: Asal Usul Makanan Khas, Bahasa Hingga Seni

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 14:49 WIB
Ilustrasi Penari jaipong; Jawa Barat memiliki keanekaragaman budaya. Berikut asal usul kebudayaan Jawa Barat mulai dari makanan khas, bahasa, hingga seni tari. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)
Ilustrasi Penari jaipong; Jawa Barat memiliki keanekaragaman budaya. Berikut asal usul kebudayaan Jawa Barat mulai dari makanan khas, bahasa, hingga seni tari. (Ayobandung.com/Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sama dengan provinsi lain di Indonesia, Jawa Barat memiliki keanekaragaman budaya. Berikut asal usul kebudayaan Jawa Barat mulai dari makanan khas, bahasa, hingga seni tari.

Ada beragam bentuk budaya di Indonesia, seperti makanan khas, tarian, hingga bahasa daerah. debudayaan daerah di provinsi Jawa Barat lebih dipengaruhi oleh dua kebudayaan, yaitu Sunda dan Cirebon.

kebudayaan Sunda sendiri berkembang di tataran Sunda, Tanah Pasundan atau Priangan. Sedangkan kebudayaan Cirebon berkembang didaerah bekas karesidenan Cirebon bagian utara.

Baca Juga: Dikaruniai Anak Kedua, Intip Momen Haru Baim Wong Lantunkan Azan ke Telinga Sang Bayi

Beragamnya budaya yang ada di Jawa Barat tentunya menjadi hal yang sangat menarik, apalagi wisata alam yang eksotis serta kuliner yang menggugah selera.

Namun disamping itu, terdapat juga bangunan atau monument yang memiliki nilai sejarah dan dapat dijadikan sebagai selingan destinasi wisata bagi wisatawan yang datang ke Jawa Barat.

asal usul 3 kebudayaan Jawa Barat

1. Wisata Alam

Jawa Barat terkenal memiliki udara yang sejuk karena dikelilingi pegunungan. Membuat kawasan ini memiliki wisata indah dan menawan. Di daerah ini tidak hanya terdapat wisata alam saja, namun juga terdapat daya tarik wisata budaya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BumDes Subang Borong Penghargaan bjb Bungah

Selasa, 7 Desember 2021 | 05:34 WIB

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB
X