Asal-usul Sunah Rasul Hubungan Seksual Malam Jumat

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 19:29 WIB
Asal-usul sunah Rasul yang sebaiknya dilakukan setiap malam Jumat, ternyata tidak berasal dari Nabi Muhammad Saw. (S. Hermann & F. Richter)
Asal-usul sunah Rasul yang sebaiknya dilakukan setiap malam Jumat, ternyata tidak berasal dari Nabi Muhammad Saw. (S. Hermann & F. Richter)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Asal-usul sunah Rasul yang sebaiknya dilakukan setiap malam Jumat, ternyata tidak berasal dari Nabi Muhammad Saw.

Hubungan seksual pada malam tersebut, yang terkenal dengan sebutan Sunah Rasul, jadi istilah yang kerap terdengar setiap malam Jumat tiba.

Konon, pada malam itu berhubungan suami istri dapat mendatangkan banyak pahala.

Apakah benar demikian?

Menyadur dari Suara.com, terkait hal tersebut, Syekh Wahbah Az-Zuhayli, ulama di Damaskus Suriah menyebutkan Rasullulah tak menganjurkan suami istri melakukan hubungan intim di malam Jumat saja.

“Di dalam sunah tidak ada anjuran berhubungn seksual suami istri di malam-malam tertentu, antara lain malam Senin atau malam Jumat. Tetapi ada segelintir ulama menyantakan anjuran hubungan seksual di malam Jumat,” ujar Syekh Wahbah Az-Zuhayli dalam bukunya berjudul Al-Fiqhul Islami wa Adilatuh, pada Kamis (26 September 2019).

Akan tetapi, ada pula hadis yang dijadikan riwayat Tirmidzi 496, An-Nasai 3/95-96, Ibnu Majah 1078 dan Ahmad 4/9.

Dalam hadis tersebut dijelaskan bagi suami yang menggauli istrinya di malam Jumat dan di pagi harinya langsung mandi serta jemaah salat subuh di masjid, dia akan mendapatkan pahala.

“Barang siapa [yang menggauli istrinya] sehingga mewajibkan mandi pada hari Jumat kemudian diapun mandi. Lalu bangun pagi dan berangkat [ke masjid] pagi-pagi, dia berjalan dan tidak berkendara, kemudian duduk dekat imam dan mendengarkan kutbah dengn seksama tanpa senda gurau, niscaya ia mendapat pahala amal dari setiap langkahnya selama setahun, balasan puasa dan salat malam harinya. (HR. Tirmidzi).

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hukum LGBT menurut Islam dan Fatwa MUI

Senin, 23 Mei 2022 | 13:29 WIB
X