Apakah Nikah Siri Bisa Buat KK? Ini Penjelasannya

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 16:41 WIB
ilustrasi -- Apakah nikah sirih bisa buat Kartu Keluarga (KK)? Pasalnya, banyak warga penasaran terkait pembuatan Kartu Keluarga (KK) bagi pasangan yang menikah siri. (Pexels.com)
ilustrasi -- Apakah nikah sirih bisa buat Kartu Keluarga (KK)? Pasalnya, banyak warga penasaran terkait pembuatan Kartu Keluarga (KK) bagi pasangan yang menikah siri. (Pexels.com)

Apakah nikah siri bisa buat Kartu Keluarga (KK)? Pasalnya, banyak warga penasaran terkait pembuatan Kartu Keluarga (KK) bagi pasangan yang menikah siri.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak pertanyaan warga mengenai pembuatan Kartu Keluarga (KK) bagi pasangan yang menikah siri. Apakah pasangan yang menikah siri dapat dimasukkan dalam satu KK?

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, bagi pasangan yang menikah siri dapat dimasukkan dalam satu KK.

"Bagi yang nikah siri bisa dimasukan dalam satu KK. Kami dari Dukcapil tidak menikahkan, tetapi hanya mencatat telah terjadinya perkawinan," ujar Zudan dikutip Republika.co.id, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: 22 HP Murah RAM Besar Baterai Jumbo 1 Jutaan Terbaik 2021

Dia mengatakan, pada prinsipnya, semua penduduk Indonesia wajib terdata di KK. Namun, untuk pasangan yang menikah siri, Dukcapil tidak dalam posisi menikahkan, melainkan hanya mencatat telah terjadinya perkawinan.

Dalam KK-nya akan ditulis 'nikah belum tercatat'. Bagi pasangan nikah siri yang ingin membuat KK wajib membawa surat pernyataan tanggung jawab mutlak (SPTJM) kebenaran pasangan suami istri yang diketahui dua orang saksi.

Baca Juga: 15 Rekomendasi HP NFC Murah 2021 Terbaik Redmi hingga Samsung, Mulai 1 Jutaan!

Warga Indonesia masih kerap melangsungkan nikah siri atau nikah tanpa catatan hukum negara. Baru-baru ini, nikah siri diperbincangkan karena pasangan selebritas Rizky Billar dan Lesti Kejora atau dikenal dengan Leslar mengaku telah melangsungkan nikah siri pada awal 2021.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X