Cianjur Level 3, Pendakian Gede Pangrango hingga Kebun Raya Cibodas Tutup

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:41 WIB
Kebun Raya Cibodas. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)
Kebun Raya Cibodas. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Kawasan wisata Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur tutup, menyusul status daerah Cianjur balik menjadi PPKM Level 3.

Sejumlah destinasi wisata di kawasan Cibodas yang tutup di antaranya Gunung Gede Pangrango, Bumi Perkemahan Mandala Wangi, Mandala Kitri, dan Kebun Raya Cibodas. Wisata-wisata itu tutup hingga waktu belum ditentukan.

Kepala Pos Bumi Perkemahan Mandala Wangi Cibodas, Munir, mengatakan, karena Cianjur berada di PPKM Level 3, maka tempat wisata ditutup sementara.

Baca Juga: Siswa SMP Tenggelam di Waduk Cirata Jangari Cianjur Ditemukan Tak Bernyawa

 “Kami juga mendapat surat dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, wisata alam bumi perkemahan tutup sementara,” kata Munir kepada Ayobandung.com, Rabu 6 Oktober 2021.

Penutupan berlangsung mulai dari 6 Oktober hingga pengumuman selanjutmya. Salah satu pertimbangannya sesuai dengan Inmendagri mengenai status Cianjur pada masa PPKM disusul dengan keputusan bupati dari tiga daerah, yakni Cianjur, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi.

“Kami diperintahkan menutup wisata yang berada di dalam pengelolaan TNGP, karena situasi seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Pratama, membenarkan pemerintah daerah hanya melaksanakan inmendagri yang di dalamnya mengatur segala sektor, salah satunya pariwosata.

 “Kami, pemerintah daerah hanya melaksanakan intruksi pemerintah pusat melalui Menteri Dalam Negeri RI, pariwosata ditutup selama PPKM Level 3,” kata Pratama saat dihubungi melalui telepon.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X