5 Cara Makan Sehat menurut Ajaran Nabi Muhammad

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 13:03 WIB
[Ilustrasi makanan] Itulah lima cara makan sehat menurut ajaran Nabi Muhammad Saw, dilansir. Laksanakan amalan sunah itu agar mendapatkan khasiat baik. (Pixabay/Amber Clay)
[Ilustrasi makanan] Itulah lima cara makan sehat menurut ajaran Nabi Muhammad Saw, dilansir. Laksanakan amalan sunah itu agar mendapatkan khasiat baik. (Pixabay/Amber Clay)

Itulah lima cara makan sehat menurut ajaran Nabi Muhammad Saw, dilansir. Laksanakan amalan sunah itu agar mendapatkan khasiat baik.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Hidup sehat itu merupakan sudah menjadi bagian yang seharusnya dijalani oleh manusia, terutama bagi seorang muslim.

Rasulullah SAW, mengajarkan kepada umatnya agar bisa menerapkan pola hidup sehat, karena jika seorang muslim sakit maka itu akan menghambat dalam mengerjakan ibadah dan melakukan kegiatan lainnya.

Melakukan hal yang berlebihan dalam Islam itu bukanlah hal yang baik dan tidak sehat untuk tubuh, seperti makan yang terlalu banyak, bekerja sampai tidak kenal waktu dll.

Berikut tips hidup sehat ala Rasulullah dengan cara menjalankan lima amalan sunnah sebagai berikut.

1. Makan makanan yang halal juga baik

Rasulullah selalu mencontohkan kepada umatnya supaya selalu mengkonsumsi makanan makanan yang halal dan juga baik.

“hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS. Al Baqarah: 168)

Kemudian kita juga perlu memastikan makanan yang dikonsumsi itu selain halal juga harus baik baik untuk tubuh.

2. Makanlah secukupnya dan sisakan untuk udara

Seperti dalam hadits berikut,”anak Adam tidak memenuhkan suatu tempat yang lebih jelek dari perutnya. Cukuplah bagi mereka beberapa suap yang dapat memfungsikan tubuhnya. Kalau tidak ditemukan jalan lain, maka (ia dapat mengisi perutnya) dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiganya lagi untuk pernafasan” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Hibban).

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puasa Wajib Pertama Kali Diperintahkan Kapan?

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:49 WIB
X