Sungai Purba Diduga Picu Tanah Ambles di Indramayu

- Kamis, 30 September 2021 | 08:30 WIB
Tanah ambles di Blok Rengaspayung, Desa/Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu semakin parah. (Republika/Lilis Sri Handayani)
Tanah ambles di Blok Rengaspayung, Desa/Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu semakin parah. (Republika/Lilis Sri Handayani)

INDRAMAYU, AYOBANDUNG.COM -- Sungai purba atau aliran air di bawah permukaan tanah diduga menjadi penyebab tanah ambles di Blok Rengaspayung, Desa/Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu. Upaya penanganan tanah ambles itu pun dilakukan secara hati-hati.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Caya, mengatakan, dugaan keberadaan sungai purba itu merupakan hasil uji laboratorium dari struktur tanah yang ambles di blok tersebut. Namun, menurutnya, dibutuhkan upaya lebih untuk memastikan hal itu.

‘’Jadi kita tidak mau terburu-buru dalam menangani tanah ambles di Rengaspayung. Kita akan pastikan dulu penyebabnya, biar tahu obatnya,’’ tegas Caya kepada Republika.co.id, Rabu, 29 September 2021.

Baca Juga: Salah Satu Terdakwa Suap Banprov Indramayu Diduga Terima Suap Rp1 Miliar

Caya mengatakan, upaya penanganan tanah ambles itu sebenarnya telah dilakukan sejak tahun lalu. Namun, upaya tersebut tak membuahkan hasil yang diharapkan karena tanah kembali ambles.

"Persoalannya tidak mudah. Walau diatasnya terus kita tumpuk dengan material tanah, tapi kalau dibawahnya ada aliran air, yang hilang lagi,’’ ujar Caya.

Caya menuturkan, ada dua rumah warga yang paling terancam ambruk akibat tanah ambles tersebut. Kedua pemilik rumah tersebut telah diberikan bantuan uang untuk mengontrak rumah sementara di lokasi lain guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Caya menyebutkan, bantuan uang itu diberikan kepada dua keluarga itu untuk mengontrak rumah selama sepuluh bulan. Namun, dia mengakui, pemilik rumah tersebut kerap pulang di siang hari karena mereka berjualan.

"Jadi kalau siang mereka pulang untuk jualan, kalau malam mereka kembali ke rumah kontrakan,’’ ungkap Caya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X