Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah Nabi, Doa Setelah Wudhu, dan Keutamaan Wudhu Sebelum Tidur

- Selasa, 28 September 2021 | 15:52 WIB
Berikut ini cara wudhu sesuai sunnah nabi, doa setelah wudhu, dan keutamaan wudhu sebelum tidur. (Pixabay/İbrahim Mücahit Yıldız)
Berikut ini cara wudhu sesuai sunnah nabi, doa setelah wudhu, dan keutamaan wudhu sebelum tidur. (Pixabay/İbrahim Mücahit Yıldız)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tata cara wudhu sesuai sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dapat dipelajari dengan mudah. Anda dapat mempelajarinya di artikel ini. Tak lupa untuk membaca doa setelah wudhu dilakukan. Wudhu juga memiliki berbagai macam keutamaan jika dilaksanakan sebelum tidur.

Wudhu termasuk ke dalam bab thaharah. Wudhu adalah menggunakan air yang suci dan menyucikan dengan cara yang khusus di empat anggota badan, yaitu wajah, kedua tangan, kepala, dan kedua kaki. 

Tata cara wudhu yang benar sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad adalah syarat sahnya shalat. Tak sedikit dari kita yang tak tahu bahwa ada doa setelah wudhu.

Baca Juga: Doa Agar Hubungan Suami Istri Tahan di Ranjang

Baca Juga: Doa-doa Agar Utang Bisa Cepat Lunas yang Diajarkan Rasulullah

Baca Juga: Doa Cepat Punya Anak, Baca Surat Hud dan Al Fath dengan Cara Ini

Tata cara wudhu yang benar sesuai sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

Hadist berikut menjelaskan secara rinci tata cara wudhu yang benar sesuai Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam

حُمْرَانَ مَوْلَى عُثْمَانَ أَخْبَرَهُ أَنَّ عُثْمَانَ بْنَ عَفَّانَ – رضى الله عنه – دَعَا بِوَضُوءٍ فَتَوَضَّأَ فَغَسَلَ كَفَّيْهِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ مَضْمَضَ وَاسْتَنْثَرَ ثُمَّ غَسَلَ وَجْهَهُ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْمِرْفَقِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ يَدَهُ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ مَسَحَ رَأْسَهُ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَهُ الْيُمْنَى إِلَى الْكَعْبَيْنِ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ الْيُسْرَى مِثْلَ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِى هَذَا ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ تَوَضَّأَ نَحْوَ وُضُوئِى هَذَا ثُمَّ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ لاَ يُحَدِّثُ فِيهِمَا نَفْسَهُ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ ». 

Humran pembantu Utsman menceritakan, bahwa Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu pernah meminta air untuk wudhu kemudian dia ingin berwudhu. Beliau membasuh kedua telapak tangannya 3 kali, kemudian berkumur-kumur diiringi memasukkan air ke hidung, kemudian membasuh mukanya 3 kali, kemudian membasuh tangan kanan sampai ke siku tiga kali, kemudian mencuci tangan yang kiri seperti itu juga, kemudian mengusap kepala, kemudian membasuh kaki kanan sampai mata kaki tiga kali, kemudian kaki yang kiri seperti itu juga. Kemudian Utsman berkata, “Aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berwudhu seperti wudhuku ini, kemudian beliau bersabda, “Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini kemudian dia shalat dua rakaat dengan khusyuk (tidak memikirkan urusan dunia dan yang tidak punya kaitan dengan shalat[5]), maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu”.

Dari hadist di atas, dapat diringkas bahwa tata cara wudhu yang benar sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Doa Setelah Sholat Dhuha Latin dan Artinya

Sabtu, 11 Juni 2022 | 09:56 WIB
X