Rahasia Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia Sedunia: Punya 10 Fakta Unik

- Selasa, 28 September 2021 | 12:19 WIB
[Ilustrasi Finlandia] Finlandia kembali dinobatkan jadi negara paling bahagia di dunia pada tahun 2021 ini.  Predikat ini didapat selama empat tahun. (Pixabay/Kosti Keistinen )
[Ilustrasi Finlandia] Finlandia kembali dinobatkan jadi negara paling bahagia di dunia pada tahun 2021 ini. Predikat ini didapat selama empat tahun. (Pixabay/Kosti Keistinen )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Finlandia kembali dinobatkan jadi negara paling bahagia di dunia pada tahun 2021 ini.

Predikat ini telah berhasil dikantongi Finlandia selama empat tahun berturut-turut.

Hal tersebut didasarkan pada hasil survey Jaringan Solusi Pembangunan Keberlanjutan (SDSN) yang bekerja sama dengan Pusat Pembangunan Berkelanjutan Universitas Columbia (CSD) serta Laporan Bahagia Dunia atau World Happiness Report (WHR). Hasil laporan mereka dipublikasikan pada 20 Maret 2021.

Para peneliti di Gallup mewawancarai responden di 149 negara, untuk mengukur tingkat kebahagiaan mereka. Hal yang dibandingkan oleh para peneliti Gallup tersebut mencakup tunjangan sosial, kebebasan pribadi, GDP, dan tingkat korupsi di negara-negara itu.

Di antara 191 negara, 10 besar negara paling bahagia warganya di dunia adalah Finlandia (1), Denmark (2), Swiss (3), Islandia (4), Belanda (5), Norwegia (6), Swedia (7), Luxembourg (8), Selandia Baru (9), dan Austria (10).

Rahasia Finlandia jadi negara paling bahagia di dunia

Berikut faktor-faktor yang menyebabkan Finlandia sukses menjadi negara paling bahagia di seluruh dunia untuk yang keempat kalinya:

1. Sistem jaminan sosial yang nyaris sempurna

Sistem jaminan sosial di Finlandia yang dibayar dari pajak kota dan bersumber dari pajak setiap individu di Finlandia, adalah penyebab utama banyaknya tunjangan sosial yang bisa dinikmati warga di sana.

Berbagai tunjangan yang diberikan pemerintah Finlandia kepada warganya antara lain: tunjangan anak, tunjangan melahirkan, tunjangan kesehatan, tunjangan pengangguran, tunjangan penitipan rumah, tunjangan pengasuhan pribadi, tunjangan pendidikan, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apple Tutup Aplikasi Alquran di China, Kenapa?

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Masjid Diserang, 10 Orang Sedang Sholat Ashar Tewas

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:30 WIB

6 Drama Korea Romantis yang Cocok Ditonton saat Hujan

Senin, 11 Oktober 2021 | 15:28 WIB
X