Ganjil Genap di Puncak Akan Terus Diberlakukan Setiap Akhir Pekan

- Senin, 27 September 2021 | 15:15 WIB
Petugas gabungan saat melakukan pemeriksaan terhadap para pengendara di Simpang Gadog, Puncak, Kabupaten Bogor. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)
Petugas gabungan saat melakukan pemeriksaan terhadap para pengendara di Simpang Gadog, Puncak, Kabupaten Bogor. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Meski uji coba penerapan ganjil genap di kawasan Puncak Kabupaten Bogor sudah melewati pekan keempat, hingga kini belum ada kejelasan soal kebijakan apa yang akan diterapkan pemerintah pusat untuk Puncak Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengaku sampai saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari hasil kajian pemerintah pusat, soal penanganan kemacetan di kawasan Puncak Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Longsor Terjang Rumah Warga di Galeong Tasikmalaya

"Uji coba ganjil genap ini akan terus diberlakukan hingga pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub), mengeluarkan aturan resmi terkait kelanjutan aturan ganjil genap ini," katanya, Senin 27 September 2021.

Pihaknya belum mengetahui apakah ganjil genap di kawasan Puncak Kabupaten Bogor akan dipermanenkan atau seperti apa. Sementara, dia pun sudah menyampaikan rencana-rencana penanganan kemacetan di jalur Puncak kepada Kemenhub pada akhir pekan lalu.

“Kami sudah jelaskan rencana-rencana kami soal penanganan Puncak, mereka apresiasi. Nah, terkait dengan kebijakan baru katanya masih dimatangkan. Kapan ditandatanganinya, kapan diresmikannya, kami masih belum tahu," ujarnya.

Baca Juga: 12 HP 5G Murah Internet Kencang 2 Jutaan Terbaik Oktober 2021

Harun mengatakan, selama kebijakan atau aturan resmi belum dikeluarkan, maka pihaknya akan terus melaksanakan uji coba ganjil genap di kawasan Puncak. Hal ini dikatakannya sebagai upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, agar wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan wisata Puncak lebih nyaman.

Selama empat pekan pelaksanaan uji coba ganjil genap, tercatat ada penurunan kuantitas kendaraan yang datang sekitar 25 persen. Hanya saja jajaran Polres Bogor masih harus memastikan apakah ganjil genap ini sudah tersosialisasikan dengan baik ke masyarakat.

Sehingga, sambung Harun, Polres Bogor juga akan melakukan evaluasi lagi terkait ganjil-genap. Agar jalan nasional yang kerap dipadati wisatawan pada akhir pekan ini bisa lebih tertata lalulintasnya.

Baca Juga: Spoiler One Piece 1027: Prediksi, Link, dan Sosok Burung Penggar yang Akan Mengeroyok Kaido

"Intinya, selama belum ada kebijakan, belum ada peraturan dari pusat, maka kami akan terus melaksanakan uji coba ganjil genap. Ini tidak lain untuk membuat Puncak ini nyaman, lancar. Masyarakat juga lebih senang dateng ke Puncak kalau lalu lintasnya lancar," tutupnya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X