Longsor Terjang Rumah Warga di Galeong Tasikmalaya

- Senin, 27 September 2021 | 15:08 WIB
Longsor di  di Galeong Desa Nanngerang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya.  (Ayotasik.com/Irpan Wahab)
Longsor di di Galeong Desa Nanngerang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. (Ayotasik.com/Irpan Wahab)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Longsor menerjang perkampungan di Kampung Galeong, Desa Nanngerang, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Bencana tersebut terjadi setelah hujan terus turun selama beberapa hari berturut-turut.

Berdasarkan data BPBD Kabupaten Tasikmalaya , dua rumah warga masing masing milik Dede Eli (40) dan Danu rusak. Rumah milik Dede Eli, rusak terbawa material longsor. Sedangkan rumah mililk Danu (45) tertimpa material longsor, Senin, 27 September 2021.

Baca Juga: RS Hermina Arcamanik Punya Gedung Baru Eksekutif: Demi Tingkatkan Pelayanan untuk Pasien

Bencana longsor itu terjadi, setelah wilayah Cigalontang diguyur hujan seharian. Sebagian rumah milik Dede Ali (40) longsor dan menimpa rumah Danu (45) yang berada dibawahnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Tips Meminimalisir Bencana Longsor

Sementara itu, BPBD Kabupaten Tasikmalaya memberikan tips untuk meminimalisir kerugian bencana pergerakan tanah dan longsor, BPBD Kabupaten Tasikmalaya menyarankan beberapa langkah yang bisa diikuti.

Langkah tersebut yakni merencanakan pengembangan sistem peringatan dini di daerah rawan bencana, penyebarluasan informasi bencana gerakan kepada masyarakat dengan berbagai media.

Baca Juga: Messi Memecah Kebuntuan Maung Bandung: Momen Persib Hari Ini

Upaya selanjutnya, hindari melakukan penggalian pada daerah bawah lereng terjal yang akan menggangu kestabilan lereng sehingga mudah longsor, hindari membuat percetakan sawah baru atau kolam pada lereng yang terjal yang akan mengakibatkan tanah mudah bergerak.

Selanjutnya, hindari bermukim atau mendirikan bangunan di tepi lembah sungai terjal dan membudidayakan tanaman pertanian dan perkebunan yang sesuai dengan azas pelestarian lingkungan dan kestabilan lereng.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB
X