Tukul Arwana Pendarahan Otak Efek Vaksin? Ini Kata Dirut RS PON

- Jumat, 24 September 2021 | 12:25 WIB
Tukul Arwana dikabarkan mengalami pendarahan otak. (Instagram/@tukul_arwanaofficial)
Tukul Arwana dikabarkan mengalami pendarahan otak. (Instagram/@tukul_arwanaofficial)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pelawak Tukul Arwana dikabarkan dilarikan ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) pada Rabu, 22 September 2021, lalu. Ia disebut mengalami pendarahan otak.

Tukul Arwana kemudian menjalani operasi selama 3 jam di rumah sakit tersebut pada Rabu malam. Benarkah akibat vaksin Covid-19?

Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional (PON) dr Mursyid Bustami merespons isu tersebut. Mursyid menjelaskan kondisi Tukul Arwana yang mengalami pendarahan otak bukan karena KIPI Covid-19.

Baca Juga: Tak Rasakan Efek Samping Vaksin, Tanda Vaksin Tak Bekerja?

"Tidak ada korelasi antara stroke pendarahan otak dengan vaksinasi Covid-19, apalagi disebutkan stroke pendarahan akibat KIPI Covid-19. Apapun merek vaksinnya, belum ada yang mengatakan bahwa ada risiko terjadinya stroke pendarahan akibat vaksin. Ini perlu kami klarifikasi. Secara ilmiah pun tidak ada hubungannya," ujar dr Mursyid, dilaporkan Suara.com, Jumat, 24 September 2021.

Menurutnya, KIPI yang biasa terjadi akibat vaksinasi di antaranya adalah demam beberapa hari hingga rasa nyeri di bekas suntikan.

"Itu efek biasa. Dan akan hilang, tidak akan menimbulkan dampak sama sekali." ungkap Mursyid.

Sementara itu, terkait kabar vaksinasi meningkatkan kekentalan darah sehingga bisa menimbulkan pecahnya pembuluh darah, dr Mursyid menyangkalnya.

"Kami tidak pernah menerima pasien pascavaksin itu mengalami stroke, dari beberapa laporan yang kami dapatkan dari teman-teman spesialis syaraf juga tidak ada pasien yang mengalami stroke setelah vaksin.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X