Petani Milenial Lebah Madu di Tasikmalaya Terima KUR dari bank bjb

- Kamis, 23 September 2021 | 09:17 WIB
Petani Milenial Lebah Madu di Tasikmalaya Terima KUR dari bank bjb (Istimewa)
Petani Milenial Lebah Madu di Tasikmalaya Terima KUR dari bank bjb (Istimewa)

 

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- bank bjb bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar launching program Petani Milenial komoditas lebah madu di Kampung Pramuka di Pasirjeungjing Lengkongjaya, Cigalontang, Tasikmalaya, Selasa, 21 September 2021.

Launching tersebut menjadi penanda mulai bergulirnya salah satu program Petani Milenial Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat.

Pada kegiatan tersebut, bank bjb menjalin kerja sama dengan CV Fattah Ferina yang akan berperan sebagai offtaker budidaya lebah madu. Kerja sama ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara kedua belah pihak.

Selain itu, penandatanganan PKS juga dilakukan antara Kepala Dinas Kehutanan dengan CV Fattah Ferina.

Dalam kesempatan tersebut, bank bjb  melakukan penyerahan Kredit Usaha Rakyat (KUR) secara simbolis kepada perwakilan peserta Petani Milenial Komoditas Lebah Madu yang disaksikan langsung secara virtual oleh Gubernur Jawa Barat Muhammad Ridwan Kamil.

Dalam program Petani Milenial yang digagas Pemprov Jawa Barat, bank bjb berperan sebagai pelaksana penunjang program yang akan membantu akses permodalan bagi para peserta, termasuk dalam program Petani Milenial komoditas lebah madu di Tasikmalaya. Akses permodalan diberikan dalam bentuk KUR.

Tahapan yang harus dilalui para peserta Petani Milenial di antaranya adalah evaluasi kelayakan usaha terhadap proposal rintisan usaha tani, pendampingan proses akad kredit dan bimbingan pengelolaan pemanfaatan modal usaha juga pertanggungjawabannya.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi mengatakan, bank bjb memberikan bentuk dukungan yang tidak terbatas pada akses permodalan. Melainkan pendampingan produksi hingga menjamin ketersediaan pasar melalui para off-taker.

“Untuk komoditas lebah madu ini bank bjb bekerjasama dengan CV Fattah Ferina karena masalah pertanian bukan hanya soal permodalan saja. Masalah akses pasar, pendampingan dan ketetapan harga hasil panen juga harus ikut dipikirkan. Untuk itu, bank bjb hadir untuk mendukung petani milenial untuk terus berkembang ke level yang lebih tinggi,” ungkap Denny.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Susur Sungai, Belasan Siswa MTs Tewas Terbawa Arus

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:01 WIB

Pencuri Helm Berkeliaran di Kompleks Pemkab Cianjur

Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:40 WIB

Waduh, Pasangan Nikah Siri Didominasi Orang Kota

Rabu, 13 Oktober 2021 | 22:05 WIB

Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh di Kebun Raya Cibodas

Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:26 WIB
X