Pegawai Jiwasraya Protes Dirugikan: Cuti Tidak Dibayar

- Rabu, 22 September 2021 | 22:42 WIB
Kanwil PT Asuransi Jiwasraya Kota Bandung di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.  (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Kanwil PT Asuransi Jiwasraya Kota Bandung di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Masalah yang terjadi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) berimbas kepada para pegawai.

Serikat Pekerja Jiwasraya menyatakan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) diduga telah melakukan sejumlah pelanggaran ketenagakerjaan.

"Saat ini terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi para Pegawai dan Serikat Pekerja Jiwasraya," ujar Ketua Serikat Pekerja Jiwasraya, Hotman David melalui keterangan resmi, Selasa 21 September 2021.

Dia menjelaskan Jiwasraya diduga melakukan pelanggaran atas hak dan syarat kerja dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan UU yang berlaku.

Baca Juga: Selebgram Cianjur Live Streaming Bugil di Medsos: Bupati Malu, MUI Sebut Haram

Menurutnya, perpindahan pegawai ke pihak lain diduga bertentangan dengan peraturan yang berlaku. Saat ini, ada rencana corporate action/aksi perusahaan dan/atau resktrurisasi mengakibatkan terjadi peralihan pegawai dari perusahaan ke pihak lain.

Sehubungan adanya rencana perusahaan untuk melakukan perpindahan pegawai ke pihak lain, yang sebelumnya didahului adanya pengunduran diri dari para pegawai tanpa kompensasi yang jelas, selanjutnya dilakukan rekruitmen proses, asesmen dan lain-lain tanpa kepastian hubungan kerja.

"Tidak adanya transparasi dan akuntabilitas atas kepastian hubungan kerja, syarat dan norma kerja, pengupahan dan lain-lain, baik kepada pegawai yang dipindahkan ke pihak lain maupun yang tetap di perusahaan," kata Hotman David.

Selain itu, kata dia, ada dugaan upaya sepihak dari oknum-oknum tertentu untuk meminta pegawai Jiwasraya menandatangani surat penyataan kesediaan migrasi dan surat pengunduran diri secara mendadak dan mendesak.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4.874 Akun Pinjol Ilegal Ditutup Kemenkominfo

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:04 WIB

Cara Cetak Dokumen Kependudukan Sendiri di Rumah

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:46 WIB

Gempa Terasa di Yogyakarta Rabu Siang Ini

Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:42 WIB
X