Pendaki 14 Tahun Belum Juga Ditemukan, Jalur Pendakian Gunung Guntur Ditutup

- Rabu, 22 September 2021 | 10:40 WIB
Pencarian pendaki usia 14 tahun di Gunung Guntur, Selasa, 21 September 2021. (dok. Kantor SAR Jabar)
Pencarian pendaki usia 14 tahun di Gunung Guntur, Selasa, 21 September 2021. (dok. Kantor SAR Jabar)

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat (Jabar) menutup jalur pendakian Gunung Guntur, Kabupaten Garut, menyusul adanya laporan pendaki yang hilang. Penutupan dilakukan hingga waktu yang tidak ditentukan.

Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Wilayah V Garut, Dodi Arisandi mengatakan, penutupan Gunung Guntur itu berlaku sejak Senin, 20 September 2021. Penutupan dilakukan karena saat ini tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap pendaki yang dilaporkan hilang.

"Sampai waktu yang tidak ditentukan. Nanti kita lihat perkembangan di lapangan," kata dia saat dihubungi Republika.co.id, Selasa, 21 September 2021.

Baca Juga: Atlet Paralimpik Garut Dipalak dan Dianiaya Preman di Ujungberung

Berdasarkan hasil pencarian hingga Selasa sekitar pukul 16.30 WIB, pendaki yang dilaporkan hilang di Gunung Guntur masih belum ditemukan. Padahal, lebih dari 100 orang tim SAR gabungan sudah diturunkan untuk melakukan pencarian.

Menurut Dodi, cuaca yang mendung di atas Gunung Guntur, membuat kondisi di lapangan gerimis dan berkabut. Alhasil, proses pencarian cukup terhambat.

Ia menambahan, tim SAR yang melakukan pencarian sudah mulai kembali turun dari atas gunung. Sebab, apabila pencarian dipaksakan hingga malam hari justru akan menimbulkan risiko.

"Untuk sementara pencarian dihentikan. Kita akan lakukan evaluasi, baru besok akan dilanjutkan pencarian," ujar dia.

Dodi mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi sementara, belum ditemukan tanda-tanda keberadaan pendaki yang dilaporkan hilang. Pihaknya bahkan sudah melakukan upaya spiritual, tapi masih belum menemukan titik terang.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB
X