Warga Cianjur bakal Bisa Bayar Pajak Kendaraan ke BUMDes

- Selasa, 21 September 2021 | 21:39 WIB
[Ilustrasi pajak kendaraan] Pemerintah Kabupaten Cianjur membuat terobosan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, dengan nantinya bisa membayar ke BUMDes. (Pixabay/mohamed Hassan)
[Ilustrasi pajak kendaraan] Pemerintah Kabupaten Cianjur membuat terobosan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor, dengan nantinya bisa membayar ke BUMDes. (Pixabay/mohamed Hassan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Pemerintah Kabupaten Cianjur membuat terobosan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), dengan nantinya bisa membayar ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Terobosan ini dilakukan dengan mempertimbangkan segala hal. Terutama secara geografis Kabupaten Cianjur merupakan daerah pegunungan dan perbukitan.

Nantinya, pemilik kendaraan bermotor, baik itu sepeda motor maupun mobil tidak perlu lagi pergi ke kantor Samsat yang letaknya di Cianjur Kota.

Tapi, tidak tahun ini. Rencana pembayaran PKB melalui BUMDes ini akan berlaku pada 2022 nanti, semuanya sedang dalam persiapan.

“Iya betul, nanti warga tidak perlu repot ke kantor Samsat, terutama yang domisili di pelosok,” terang Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappeda) Kabupaten Cianjur, Komarudin pada wartawan, Selasa 21 September 2021.

Komarudin yang biasa disapa Uwa Komar menjelaskan, tujuan pembayaran PKB bisa dilakukan BUMdes untuk membantu meningkatkan PAD Provinsi Jabar di Kabupaten Cianjur.

“Kita kan sudah menandatangani MoU dengan Bappenda Jabar, salah satu poinnya adalah meningkatkan PAD dari empat sektor pajak, salah satunya dari PKB,” tuturnya.

Baca Juga: Insentif Pajak Super Deduction yang Bisa Dimanfaatkan Pengusaha

Meningkatnya PAD Provinsi Jabar, tentu saja akan berdampak positif bagi Kabupaten Cianjur karena akan menerima dana bagj hasil (DBH).

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X