Roda Ekonomi Kawasan Wisata Puncak Cipanas Bisa Hidup Lagi, Jika Jalur Puncak 2 Dibuka

- Selasa, 21 September 2021 | 21:25 WIB
Kemacetan setiap weekend atau libur nasional menjadi hal biasa di jalur Puncak. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)
Kemacetan setiap weekend atau libur nasional menjadi hal biasa di jalur Puncak. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

 

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM — Pembukaan jalan jalur Puncak 2 akan menghidupkan perekonomian warga di kawasan wisata Puncak Cipanas, Kabupaten Cianjur, terutama pelaku pariwisata.

Sejak dibukanya jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) pada 2005 lalu, warga Jabotabek maupun Bandung lebih memilih melewati jalan tol dibandingkan jalur Puncak Cianjur.

Sontak saja, roda perekonomian pelaku pariwisata di kawasan Puncak-Cipanas langsung menurun ke bawah, kareka tidak lagi dilewati warga Jabotabek yang hendak ke Bandung maupun sebaliknya.

Ratusan rumah makan gulung tikar, ribuan kios pedagang kecil menutup usahanya, sudah tidak ada bisnis perhotelan, dan puluhan ribu pelaku pariwisata menjadi pengangguran.

Keinginan membuka jalan jalur Puncak 2 pun kemudian merupakan aspirasi masyarakat yang harus diperjuangkan, karena akan menghidupkan kembali roda perekonomian warga.

Bupati Cianjur H. Herman Suherman, mengatakan, pembukaan jalan jalur Puncak 2 merupakan keinginan masyarakat, bukan keinginan sekelompok tertentu saja.

“Ini kan bottom up, bukan top down. Kalau masyarakat menginginkannya, maka kewajiban pemerintah mendukung dan memperjuangkannya,” terang Herman pada wartawan, Selasa 21 September 2021.

Herman menegaskan, pemerintah daerah sudah melakukan berbagai upaya untuk membuka jalan jalur Puncak 2, salah satunya berkordinasi dengan Kabupaten Bogor.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X