Pemerintah Pusat Diminta Segera Lanjutkan Rencana Pembangunan Stasiun Sukaresmi

- Selasa, 21 September 2021 | 12:11 WIB
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Rudy Mashudi. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Rudy Mashudi. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) terus berkomunikasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Balai Besar Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Barat, terkait rencana pembangunan Stasiun Sukaresmi.

Jika dahulu wacana pembangunan stasiun sempat terganjal soal ketersediaan lahan. Kini permasalahan tersebut rampung diselesaikan. Lantaran Pemkot Bogor sudah menyiapkan lahan seluas 1,9 hektar di Kelurahan Sukaresmi, Kecamatan Tanahsareal sebagai calon lokasi pembangunan stasiun kereta baru di Kota Bogor.

Baca Juga: Ada Luka Cakar di Wajah Jonathan Frizzy, Benarkah KDRT ?

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor Rudy Mashudi mengatakan, pembangunan Stasiun Sukaresmi dinilai sangat penting untuk memecah mobilitas masyarakat yang hendak beraktivitas menggunakan kereta api. Ditambah lagi, jarak antara Stasiun Bogor dengan Stasiun Cilebut cukup jauh.

"Kalau ada Stasiun Sukaresmi tentunya ini bisa memecah jumlah penumpang. Jadi nanti warga dari Kecamatan Bogor Utara, Kecamatan Tanahsareal bisa naik dan turun di Stasiun Sukaresmi ini," katanya, Selasa 21 September 2021.

Berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, dalam satu hari ada sekitar puluhan ribu hingga ratusan ribu penumpang kereta api yang naik dan turun di Stasiun Bogor. Sehingga perlu adanya pemecahan jumlah penumpang dengan mendirikan stasiun baru.

Sudah Dilakukan Pembebasan Lahan

Rudy mengatakan, Pemkot Bogor juga telah melakukan pembebasan lahan dan pembangunan jalan. Di mana jalan tersebut nantinya akan menghubungkan Kelurahan Sukaresmi hingga Jalan Sholeh Iskandar.

Baca Juga: Cara Bedakan Gejala Infeksi Sinus vs Covid-19

Beberapa bulan lalu, sambung Rudy, Pemkot Bogor telah bertemu dengan petinggi urban transport dari PT KAI. Pertemuan itu merupakan bentuk komitmen Pemkot Bogor terkait pembangunan Stasiun Sukaresmi tersebut.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB
X