Tukar Guling Lahan PT Sentul City Belum Selesai, Kasus Sengketa Berlanjut

- Selasa, 21 September 2021 | 10:40 WIB
Potret lahan milik Rocky Gerung dan warga yang diduga diserobot oleh PT Sentul City. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)
Potret lahan milik Rocky Gerung dan warga yang diduga diserobot oleh PT Sentul City. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sengketa lahan antara PT Sentul City dan warga Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, terus berlanjut.

Dilansir dari Republika.co.id, warga Bojongkoneng menyebut, jika PT Sentul City mendapatkan lahan di desanya dengan mekanisme ruislag atau tukar guling. Namun, Pemerintah Desa Bojong Koneng belum memahami secara pasti kronologi dari ruislag tersebut.

Baca Juga: Jadwal Pemadaman Listrik Cimahi Hari Ini, 21 September 2021

Hal itu disampaikan oleh salah seorang warga bernama Soleh Amin, saat konferensi pers bersama Rocky Gerung dan kuasa hukum di rumah Rocky pada pekan lalu. Saat itu, Soleh Amin bercerita, jika PT Sentul City Tbk telah mengambil lahan milik Pemerintah Desa Bojong Koneng melalui mekanisme ruislag atau tukar guling lahan.

Proses tukar guling PT Sentul City belum selesai

Menurut Soleh Amin, PT Sentul City bersama Pemerintahan Desa Bojong Koneng sepakat untuk melakukan ruislag lahan seluas 2,5 x 3.000 meter persegi. Namun, belum jelas posisi dari ruislag tanah tersebut.

“Saya mencoba melakukan investigasi, ternyata Sentul ini mendapatkan lahan itu melalui tukar guling lahan dengan pemerintah desa. Sertifikat lahan 2,5 x 3.000 meter ini sudah keluar, tapi tanah tukar gulingnya belum pernah diterima oleh pemerintah desa,” katanya.

Bahkan, kata dia, ruislag lahan antara PT Sentul City dengan pemerintah desa tidak diketahui oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor maupun DPRD Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Jerinx SID Siap Hadir di Podcast Deddy Corbuzier, Tapi Ingin Dibayar

“Ini kan aneh. Ruislag itu kan kewenangan pemerintah daerah dan DPRD. Kami pernah audiensi dengan DPRD Kabupaten Bogor, mereka tidak tahu menahu soal ini. Padahal, itu kan tanah masyarakat dan tanah jalan desa,” ujarnya.

Kepala Desa Tak Tahu Proses Tukar Guling PT Sentul City

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Bojong Koneng, Rusdi Anwar mengaku, belum mempelajari ruislag tanah yang dituding dilakukan oleh PT Sentul City. Rusdi pun mengaku, tidak mengetahui secara pasti kronologi dari kasus tersebut. Lantaran, peristiwa tersebut terjadi di masa kepemimpinan sebelumnya.

“Mengenai tukar guling ini belum saya pelajari. Karena ini terjadi di era sebelum saya. Tapi, ada tim waktu itu yang menangani tukar guling lahan ini. Mungkin beliau lebih tahu kronologisnya,” ujar Rusdi melalui telepon selulernya, Selasa, 21 September 2021.

Baca Juga: Jadwal Vaksin Cimahi September 2021 Update, Cara Daftar, Lokasi, dan Syaratnya, Bisa untuk Ibu Hamil

Itulah informasi terkini terkait sengketa lahan antara PT Sentul City dan warga Bojongkoneng. Semoga masalah ini segera terselesaikan ya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BumDes Subang Borong Penghargaan bjb Bungah

Selasa, 7 Desember 2021 | 05:34 WIB

Cianjur Kekurangan Ratusan Guru dan Nakes

Senin, 29 November 2021 | 19:35 WIB

4 Tuntutan Lengkap Demo Buruh di Gedung Sate

Senin, 29 November 2021 | 15:30 WIB

Ketua PWI Jabar Hadiri Konferensi Wilayah PWI Karawang

Sabtu, 27 November 2021 | 18:34 WIB

72 Kepala Sekolah SMP Cianjur Dirotasi

Jumat, 26 November 2021 | 12:29 WIB
X