Bulan Purnama Harvest Moon Muncul Malam Ini, Jangan Lewatkan!

- Selasa, 21 September 2021 | 08:22 WIB
ilustrasi -- Bulan purnama pada September jatuh pada hari ini, Selasa (21/9/2021). Saat mencapai fase penuh, Bulan akan berada di konstelasi Pisces. (Shutterstock)
ilustrasi -- Bulan purnama pada September jatuh pada hari ini, Selasa (21/9/2021). Saat mencapai fase penuh, Bulan akan berada di konstelasi Pisces. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bulan purnama pada September jatuh pada hari ini, Selasa (21/9/2021). Saat mencapai fase penuh, Bulan akan berada di konstelasi Pisces.

Menurut Space.com, Bulan akan tampak penuh pada Senin bagi pengamat yang tinggal di pantai barat Afrika sampai ke International Date Line (batas yang membentang dari Kutub Utara ke Kutub Selatan melintasi Samudra Pasifik).

Sementara itu, pengamat di Eropa, Asia, Australia, dan sebagian besar Afrika baru akan melihat Bulan purnama pada 21 September.

Baca Juga: 8 Tips Beli HP Bekas Agar Tak Menyesal saat Berbelanja

satelit alami Bumi itu akan terletak pada jarak 389.000 km dari Bumi. Pada saat itu, Bulan akan tampak lebih bersinar daripada malam-malam lainnya.

Menurut Farmers' Almanac, Bulan purnama September disebut juga sebagai Harvest Moon. Praktek penamaan ini berasal dari suku-suku asli Amerika kuno.

Dinukil Suara.com, penamaan Harvest Moon diberikan karena petani membutuhkan sinar Bulan purnama untuk memanen tanaman. Bulan purnama ini bertepatan dengan musim panen di Eropa dan Amerika Utara.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 21 Diumumkan Senin? Cek Nama Penerima Hasil Seleksi di Sini

Venus akan menjadi planet paling terang saat Bulan muncul dan terletak sekitar 7 derajat di atas cakrawala barat daya. Planet paling terang berikutnya adalah Jupiter yang akan muncul 24 derajat di atas cakrawala tenggara.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X