Sentul City Caplok Lahan Desa Bojongkoneng Lewat Mekanisme Tukar Guling

- Senin, 20 September 2021 | 13:12 WIB
Potret lahan milik Rocky Gerung dan warga yang diduga diserobot oleh PT Sentul City. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)
Potret lahan milik Rocky Gerung dan warga yang diduga diserobot oleh PT Sentul City. (Ayobogor.com/Yogi Faisal)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Sengketa lahan antara PT Sentul City Tbk dengan Rocky Gerung dan masyarakat Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, memasuki babak baru.

Selain dituding menyerobot lahan milik warga sekitar, PT Sentul City Tbk juga konon dikabarkan mencaplok lahan milik Pemerintah Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Dua Kecamatan di Bandung Barat Belum Izinkan Sekolah Gelar PTM, Apa Alasannya?

Soleh Amin warga Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, mengaku sudah geram dengan tindak tanduk PT Sentul City Tbk yang sewenang-wenang.

Soleh Amin bercerita, jika PT Sentul City Tbk telah mengambil lahan milik Pemerintah Desa Bojongkoneng melalui mekanisme Ruislag atau tukar guling lahan.

Konon, PT Sentul City Tbk bersama Pemerintahan Desa Bojongkoneng sepakat untuk melakukan tukar guling lahan seluas 2,5 meter kali 3000 meter persegi. Namun nyatanya, hingga kini tanah tukar guling itu belum jelas berada di mana.

"Saya mencoba melakukan investigasi, ternyata PT Sentul City Tbk ini mendapatkan lahan itu melalui tukar guling lahan dengan pemerintah desa. Sertifikat lahan 2,5 x 3000 meter ini sudah keluar, tapi tanah tukar gulingnya belum pernah diterima oleh pemerintah desa," katanya belum lama ini.

Tukar Guling Lahan Tak Diketahui Pemkab Bogor

Anehnya, ruislag atau tukar guling lahan antara PT Sentul City Tbk dengan pemerintah desa tidak diketahui oleh Pemkab Bogor maupun DPRD Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Gejala Diabetes pada Kaki hingga Makanan yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi

"Ini kan aneh. Ruislag itu kan kewenangan pemerintah daerah dan DPRD. Kami pernah audiensi dengan DPRD Kabupaten Bogor, mereka tidak tahu menahu soal ini. Padahal itu kan tanah masyarakat dan tanah jalan desa," ungkapnya.

Terpisah, Kepala Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Rusdi Anwar mengaku belum mempelajari terkait tukar guling lahan tersebut.

Bahkan ia juga mengaku tidak mengetahui secara pasti kronologi dari kasus tersebut. Sebab peristiwa tersebut terjadi di masa kepemimpinan sebelumnya.

"Mengenai tukar guling ini belum saya pelajari. Karena ini terjadi di era sebelum saya. Tapi ada tim waktu itu yang menangani tukar guling lahan ini. Mungkin beliau lebih tahu kronologisnya," singkatnya saat dihubungi Ayobogor.com Senin 20 September 2021.

Baca Juga: Penjual Kelapa Muda di Tasik Nyambi Edarkan Narkoba, Sasarannya Remaja

Sementara itu, dari pihak Sentul City Tbk belum berikan keterangan mengenai kasus ini. Hingga berita ini ditulis, Sentul City Tbk belum berikan keterangan.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Narkotika Mendominasi Sidang di PN Cianjur

Selasa, 19 Oktober 2021 | 21:00 WIB
X